Sinyo Aliandoe Tutup Usia

Kata Menpora, Indonesia Kehilangan Seorang Legendaris Sepakbola

Rabu, 18 November 2015

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi akan memberikan penghargaan kepada mantan pemain dan pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Sinyo Aliandoe, yang Rabu (18/11) pagi, meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta.

“Selamat jalan Bung Sinyo, semoga mendapat tempat yang layak di sisi-Nya. Beliau merupakan legendaris sepakbola yang pantas dikenang karena merupakan salah satu pelatih terbaik nasional dan terkenal dengan kemampuannya mengatur strategi di lapangan hijau,” kata usai menyambangi almarhum Sinyo Aliandoe di Rumah Duka Gabriel, RS Saint Carolus, Rabu (18/11) petang.

“Mudah-mudahan ke depan bisa muncul lagi pelatih nasional yang bisa membawa Timnas Indonesia berbicara di kancah Piala Dunia,” tambah Menpora.

“Kami akan memberikan penghargaan kepada beliau yang telah begitu berjasa terhadap persepakbolaan Tanah Air,” kata Imam Nahrawi usai mendatangi Rumah Duka Gabriel di RS Saint Carolus, Rabu (18/11) petang.

Kendati begitu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini tak mau memberi kepastian bentuk penghargaan yang akan diberikan Kemenpora terhadap Bung Sinyo, panggilan akrab Sinyo Aliandoe.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenpora, selalu peduli terhadap mereka yang telah berprestasi di ajang internasional.

Sinyo Aliandoe menangani timnas Indonesia pada era 1980-an. Ia pernah membawa Timnas lolos dari babak penyisihan Pra Piala Dunia 1986 Sub Grup 3B.

Sebagai pelatih, Sinyo dikenal mengutamakan hitungan-hitungan teknis dan analisa statistik di lapangan, ketimbang bersandar pada keberuntungan. Ia merupakan sosok pelatih yang dapat menghitung benar setiap kemampuan dan bakat para pemain.

Menurut putra bungsunya, Theodorus Aliandoe, ayahnya mengalami lemah jantung karena faktor usia.

“Kondisi bapak terus melemah seiring bertambahnya usia dan sejak lama juga sudah menderita demensia,” kata Theo.

Jenazah Sinyo Aliandoe akan dimakamkan pada Jumat (20/11) pukul 10.00 WIB.

Kata Theo, keluarga belum dapat mengonfirmasi tempat pemakaman karena masih menunggu kabar dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dikabarkan akan memakamkan Sinyo di Kompleks Pemakaman San Diego Hills berdekatan dengan mantan pesepak bola nasional Ronny Pattinasarany.

kinoy jackson