Percasi Gelar Kejurnas Catur ke-45 di Asrama Haji

Rabu, 28 Oktober 2015

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, PB Percasi menggelar Kejurnas Catur ke-45, 28 Oktober – 4 November 2015.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PB Percasi. Hashim Djojohadikusumo akan menempatkan pembinaan dan prestasi atletnya sebagai ujung tombak keberhasilan catur di Indonesia.

“Kejurnas menjadi penting dan prioritas. Melalui Kejurnas PB Percasi berusaha mencari bibit pecatur terbaik yang nantinya diharapkan bisa mengharumkan bangsa dan negara di kancah internasional,” kata Hashim.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto mengatakan, untuk mendapatkan hasil terbaik, Kejurnas kali ini hanya akan mempertandingkan format catur standar.

“Diharapkan dengan perubahan format ini, para peserta akan lebih fokus dalam bertanding, sehingga dapat memperlihatkan kemampuan terbaiknya,” ujar Utut Adianto.

Dia menjelaskan, ditiadakannya format catur cepat dan catur kilat merupakan hasil dari Rakernas PB Percasi ke-37 yang digelar di Makassar pada 2014.

“Pertimbangannya adalah untuk menjaga ketahanan fisik para atlet. Kalau mereka harus berntanding dalam beragai format, fisik mereka bisa terkuras,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas, Henry Hendratmo menyatakan, untuk Kejurnas kali ini, akan diikuti sekitar 400 pecatur dari 32 provinsi. Mereka nantinya akan bertanding untuk Kelompok Terbuka, Kelompok Wanita, 7 Kelompok Umum Junior Putra, 7 Kelompok Junior Putri, dan Kelompok Veteran dengan menggunakan sistem Swiss XI babak.

“Kepada para juara di Kelompok Terbuka dan Kelompok Wanita akan langsung masuk dalam Timnas Olimpiade Catur 2016. Mereka akan mendapatkan program pelatihan khusus,” tandas Henry.

kinoy jackson