Menpora Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Tanjung Pinang

Rabu, 28 Oktober 2015

DEKANDIDAT.COM – Mengangkat tema ‘Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi’, Menpora Imam peringati Hari Sumpah Pemuda ke-87, Rabu (28/10) pagi, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

“Tema ini menegaskan eksistensi pemuda yang peduli lingkungan. Ada aksi nyata khas anak muda yang nendang dalam arti punya daya ungkit kuat,” kata Imam Nahrawi saat memberikan sambutannya pagi itu.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meni mengajak segenap aktifis muda mencontoh semangat tokoh pemuda bernama Sugondo Djojopuspito ketika berusia 23 tahun lalu itu. Dia mampu memimpin Kongres Pemuda ke–2 yang melahirkan Sumpah Pemuda.

Pada kesempatan itu, Menpora juga mengutarakan banyaknya persoalan yang membelit bangsa ini. Salah satunya adalah problematika lingkungan.

“Tahun ini kebakaran hutan Indonesia adalah yang terparah selama belasan tahun terakhir, ditandai dengan lamanya kebakaran yang diringi dengan meruapnya asap hingga ke manca negara,” tukasnya.

“Kerusakan terumbu karang dan ekosistem laut lainnya turut mewarnai kerusakan lingkungan di perairan laut Indonesia. Coral reef Indonesia adalah yang terluas di dunia, mencapai 2,5 juta hektar,” imbuhnya.

Menpora juga menambahkan, tahun ini Kemenpora sedang berusaha keras untuk merumuskan payung hukum tentang koordinasi pelayanan kepemudaan. Ini amanat Perpres Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015 – 2019.

Ada arahan RPJMN yang mengatur bahwa terkait pelayanan kepemudaan dalam hal kerangka regulasinya terdiri dari penyusunan naskah akademik, harmonisasi, dan draft peraturan perundangan sebagai amanat dari UU No. 40/ 2009 Tentang Kepemudaan, yaitu Peraturan Presiden Tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor.

“Kami mohon do’a dari semuanya agar tahun ini rampung sehingga kedepan kita akan punya payung hukum dan koordinasi yang jelas tentang bagaimana mengelola kepemudaan dengan sebaik – baiknya. Ada koordinasi antara K/ L di tingkat pusat dan bagaimana pula koordinasi pusat dan daerah agar selaras dengan amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda,” pintanya.

Saat peringatan HSP ke-87, mendung menghiasi langit Tanjung Pinang.
Peringatan HSP dihadiri tamu-tamu undangan mulai dari pejabat setempat hingga putra-putri daerah.

Selain itu, acara dimeriahkan berbagai pertunjukan seni dan budaya serta pemberian penghargaan kepada para pemuda dan pramuka berprestasi dari berbagai bidang.

Selain puncak peringatan di Tanjung Pinang, digelar juga Jambore Pemuda Indonesia (JPI) diikuti pemuda dari 34 provinsi, mulai 26 Oktober sampai 2 November 2015 dan Kirab Budaya Nusantara yang diikuti oleh 584 pemuda dari 34 provinsi, pemuda se-Kota Tanjung Pinang dan pemuda perwakilan kabupaten kota se-Kepulauan Riau.

Selain itu, juga ada penanaman pohon Nusantara dari 34 provinsi peserta JPI yang didukung oleh TNI Manunggal, penyatuan Tanah dan Air dari 34 provinsi sebagai simbol persatuan dan kesatuan pemuda Nusantara, Festival Pemuda Olahraga Bahari serta pameran seni dan budaya.

kinoy jackson