Kemenpora: Sudah Saatnya Kaum Muda ‘Jauhi’ Dunia Politik

Kamis, 22 Oktober 2015

DEKANDIDAT.COM – Untuk mencegah bangsa Indonesia terpecah menjadi dua bagian seperti yang diprediksikan sejumlah pengamat Amerika, Kemenpora menyarankan kaum muda jangan terlalu fokus atau ‘menjauhi’ terhadap dunia politik.

Hal demikian dikatakan Asdep Tenaga Kepemudaan Kemenpora, Hamka Hendra Noer saat tampil se bagai pembicara pada Dialog Kepemudaan bertajuk ‘Kemandirian Pemuda Merupakan Kemandirian Bangsa’ yang digelar Humas Kemenpora, Kamis (22/10), di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Beberapa waktu lalu, sejumlah pengamat Amerika yang fokus pada Indonesia memprediksikan Indonesia akan terpecah dua. Mereka yang meramalkan kondisi demikian di antaranya adalah Jeffrey Winters dan William Riedel.

Untuk mencegah hal ini bakal terjadi di Tanah Air, maka sudah saatnya kaum muda di Tanah Air mengurangi fokus perhatiannya ke dunia politik.

“Kini saatnya kaum muda mengalihkan perhatiannya ke dunia interpreneur. Kaum muda jangan lah terlalu fokus pada urusan politik,” tambahnya.

Dari kaca-matanya, dia memperkirakan saat ini perbandingan fokus kaum muda terhadap politik berkisar di antara 80:20.

“Kondisi ini sangat tidak bagus bagi pembangunan karakter pemuda. Setidaknya, perbandingan fokus perhatian antara politik dengan interpreneur adalah 60:40,” tukasnya.

Dia berani memastikan, jika politik masih menjadi fokus utama para kaum muda, maka sentra kekuasaan dan bisnis hanya akan dikuasai oleh segelintir orang saja. Hal ini tak bisa dibiarkan berlanjut,” ujarnya.

Hamka membandingkan sikap pandang kaum muda Indonesia dengan kaum muda dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Di kedua negara ini, kaum mudanya lebih berpikiran logis. Ketika bertemu dengan pemuda seusianya, yang ada di kepala mereka adalah bisnis. Apa yang kalian bisa kirim untuk kami, dsb, dsb. Itu cara pandang mereka. Berbeda dengan cara pandang kaum muda Indonesia,” imbuhnya.

Dengan memperbanyak fokus perhatian kaum muda ke interpreneur, akan mengubah cara pandang.

Tampil juga sebagai pembicara pada Dialog Kepemudaan kali ini adalah Kabag Humas Kemenpora Dr Samsudin, Hamzirwan dari Kompas, Vice President dari Go Jek dan Go Life, Dara Permata, dan Asdep Peningkatan Sumber Daya Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan, dengan moderator Andi Pariza.

kinoy jackson