Kemenpora Prihatin Banyak Pemuda Tak Hafal Naskah Sumpah Pemuda

Kamis, 22 Oktober 2015

DEKANDIDAT.COM – Kemenpora sangat prihatin dengan kondisi kalangan kaum muda di Tanah Air yang belakangan sudah lupa dengan isi naskah Sumpah Pemuda.

“Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora sangat prihatin dengan kondisi kaum muda di Tanah Air yang belakangan ini banyak yang lupa dengan isi naskah Sumpah Pemuda,” hal demikian dikatakan Kabag Humas Kemenpora, Dr Samsudin, saat membuka Dialog Kepemudaan bertajuk ‘Kemandirian Pemuda Merupakan Kemandirian Bangsa’, Kamis (22/10), di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Bahkan, lanjutnya, kaum muda di Tanah Air juga banyak yang tak hafal naskah Pancasila.

“Ini sangat memprihatinkan,” imbuhnya penuh rasa kecewa.

Adapun isi naskah Sumpah Pemuda adalah;

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Asdep Tenaga Kepemudaan, Hamka Hendra Noer secara tegas mengatakan, untuk saat ini bukan lagi eranya kalangan pemuda terjun total ke dunia politik.

“Saat ini, Kemenpora tengah mengupayakan agar kaum muda lebih menggeluti dunia interpreneur atau mandiri berwira usaha,” ujar Hamka.

Sedangkan Vice President dari Go Jek dan Go Life, Dara Permata mengatakan, terkait dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, para petinggi Go Jek, 80 persennya merupakan kaum muda.

“Dengan usia mereka yang masih muda, di bawah 30 tahun, ini menunjukkan bahwa Go Jek ingin menunjukkan kemandiriannya.”

Dara menjelaskan dengan cara bergabung ke Go Jek, dia ingin menunjukkan kemandiriannya sebagai kaum muda.

Sementara itu Hamzirwan dari Kompas mengaku bangga dengan semangat kalangan pemuda Indonesia saat melakukan perjalanan jusnalistik bersama 50 wartawan dari Aceh ke Larantuka, Flores.

“Melalui perjalanan itu, kami bisa mengetahui bahwa sebenarnya kalangan muda di berbagai pelosok di Tanah Air, sangat cinta para NKRI.”

kinoy jackson