Sabtu Pagi, Menpora Buka Fornas III di Bali

Sabtu, 10 Oktober 2015

DEKANDIDAT.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Sabtu (10/10) pagi, membuka secara resmi Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) III di Lapangan Niti Mandala, Renon Denpasar, Bali.

“Selain semangat visi 2020 Indonesia Bugar, kami ingin kembali menggelorakan semangat memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Menggelorakan semangat ini penting karena olahraga juga merupakan fondasi karakter bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang kuat,” kata Menpora Imam Nahrawi saat membuka Fornas III, di Bali.

Fornas 2015 akan berlangsung hingga 11 Oktober. Ajang ini diikuti oleh 34 Provinsi dengan diikuti sekitar enam ribu delegasi peserta. Fornas 2015 akan melombakan 34 cabor yang terbagi ke dalam katagori: kesehatan dan kebugaran, olahraga tradisi dan budaya dan katagori petualangan dan tantangan.

Cak Imam, sapaan akrab Menpora, mengakui bahwa pemerintah melalui Kemenpora ingin kembali menggelorakan semangat memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat karena ada kekhawatiran bahwa olahraga tidak dianggap sebagai salah satu pilihan dan satu tradisi. Padahal, olahraga sudah seharusnya dijadikan sebagai gaya hidup sehingga bisa terwujud masyarakat yang sehat, bugar dan berkarakter.

“Negara yang kuat itu salah satu faktor pendukungnya yakni masyarakatnya sehat. Kegiatan ini saya harapkan bisa terus digelorakan kepada masyarakat. Selain berolahraga, kita juga bisa mengenal kebudayaan Bali yang begitu luar biasa. Dengan berolahraga kita bisa membangun karakter bangsa ini dengan kuat,” kata Menpora yang sempat melepas peserta World Walking Day 2015 di Lapangan Timur Niti Mandala, Renon, sesaat sebelum membuka Fornas.

Selain menjadi bagian dari rangkaian Fornas, World Walking Day 2015 juga sebagai salah satu bentuk dukungan dan sosialisasi untuk mensukseskan World Taffisa Games 2016.

“Fornas menggabungkan olahraga dan hiburan, sportainment, yang telah dikemas sedemikian rupa menjadi sebuah kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menyehatkan,” tambah Menteri asal Bangkalan, Madura ini yang didampingi Deputi III Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah, Ketua Umum FORMI Hayono Iman dan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta.

kinoy jackson