Menpora-Kepala BKN Tandatangani Bersama Pengangkatan Pelatih dan Asisten Pelatih Olahraga

Jumat, 9 Oktober 2015

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Menpora Imam Nahrawi, Jumat (9/10) pagi, melakukan pendatanganan bersama dengan Kepala Badan Kepegawain Negara tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pelatih Olahraga dan Asisten Pelatih Olahraga.

“Dengan adanya penandatangan ini, pemerintah mengakui jerih payah apa yang dilakukan para pelatih dan asisten pelatih selama ini,” kata Imam Nahrawi.

“Hingga kini Kemenpora telah mengangkat 1.201 olahragawan dan pelatih olahraga menjadi PNS di berbagai wilayah di Tanah Air,” imbuhnya.

Dengan adanya penandatanganan ini, para pelatih dan asisten pelatih olahraga diharapkan Menpora dapat lebih bekerja maksimal untuk membangun prestasi keolahragaan Indonesia.

“Kemenpora berharap, penandatanganan ini akan menjadi tonggak prestasi olahraga di masa-masa akan datang,” tegasnya.

Sementara itu Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyatakan, penandatangan bersama ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para pelatih dan asisten pelatih olahraga di Tanah Air.

“Karena jabatan ini nantinya akan menjadi profesi, maka perlu adanya standar kompetensi terhadap mereka. Saya bertharap standar kompentensinya yang khusus saja. Kalau untuk standar nasional masih sulit dilaksanakan,” ujar Bima Haria.

“Kalau sudah ada standar kompetensi untuk kemudian dilakukan diklat, maka harus ada kode etik bagi pelatih dan asisten pelatih olahraga yang ada di Tanah Air,” tambahnya.

Agar jabatan ini laku, Bima mengusulkan agar diberikan tunjungan jabatan terhadap pelatih dan asisten pelatih olahraga.

“Kalau tidak diberikan, akan jomplang atau bahkan mereka tak mau menduduki jabatan fungsional yang telah diberikan.”

Sedangkan dalam laporannya, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto menyampaikan, pengangkatan pelatih dan atlet sebagai PNS merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap prestasi yang telah ditunjukkan para atlet dan pelatih bersangkutan.

kinoy jackson