LSI: Mayoritas Wong Cilik Dukung PAN Gabung ke Pemerintah

Selasa, 8 September 2015

DEKANDIDAT.COM – Langkah Partai Amanat Nasional (PAN) masuk ke pemerintahan ternyata sangat didukung oleh rakyat kecil atau Wong Cilik. Demikian hasil survei terkini yang dilansir Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Selasa, di Jakarta.

Pada konferensi pers LSI bertajuk ‘Paska PAN Gabung Pemerintah’ yang digelar di kantor LSI di Gedung Rajawali, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, peneliti LSI, Rully Akbar menyebutkan, alasan ‘Wong Cilik’ mendukung PAN bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi dikarenakan mereka ingin perekonomian membaik.

“Wong Cilik sangat mendukung PAN gabung ke pemerintah karena mereka berharap dengan bergabungnya PAN, perekonomian akan membaik,” ujarnya.

Sebanyak 71,25 persen Wong Cilik sangat mendukung PAN masuk ke pemerintahan. Hanya 16,25 persen yang tak mendukung.

Namun secara umu, 66,64 persen publik mendukung PAN bergabung ke pemerintah, sementara hanya 24,95 persen yang tak setuju Zulkifli Hasan dkk masuk ke pemerintahan.

salah satu alasan utama publik mendukung PAN bergabung ke pemerintah perekonomian Indonesia saat ini melemah, sehingga pemerintah perlu diperkuat.

“Selain itu, publik juga menginginkan agar bergabungnya PAN bisa menghapuskan KIH dan KMP yang selama ini sangat kental di parlemen. Publik juga mendukung bergabungnya PAN untuk memperkuat pemerintahanb Jokowi,” tukasnya.

Sedangkan publik yang tak suka PAN bergabung ke pemerintah menganggap Partai Matahari ini hanya mementingkan diri sendiri, PAN dituding merusak traidisi opoisi, PAN juga dinilai telah menghianati koalisinya (KMP).

Survei LSI Denny JA ini dilakukan melalui quick poll pada 4-6 September 2015 dengan menggunakan metode multistage random sampling yang melibatkan 600 responden dari 33 provinsi. Margin of error untuk survei ini +/- 4,0 persen.

kinoy jackson