Fit And Proper Test Kasaltak Prima

Asian Games 2018, Saatnya Indonesia Mengembalikan Kejayaan Olahraga

Jumat, 28 Agustus 2015

DEKANDIDAT.COM – Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 harus dijadikan momentum untuk mengembalikan kejayaan keolahragaan Indonesia. Demikian dikatakan Achmad Soetjipto, salah satu peserta fit and proper test calon ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Kasatlak Prima).

“Saat ini prestasi olahraga Indonesia memang tengah merosot. Karenanya, penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembalikan kejayaan olahraga Indonesia,” ujar Soetjipto, Jumat (28/8) pagi, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Mantan Ketua Program Atlet Andalan (PAL) di era Kemenpora Adhyaksa Dault ini meminta pemerintah dalam hal ini Kemenpora memastikan besarnya anggaran yang akan didapat oleh cabang-cabang olahraga yang akan dikirimkan ke Asian Games 2018.

“Menpora harus berani memastikan soal anggaran untuk masing-masing cabang olahraga. Jangan sampai, anggaran yang dibutuhkan ternyata tak terpenuhi. Ini akan menjadi kendala, sehingga akhirnya akan berimbas pada prestasi yang akan dicapai para atlet,” tukasnya.

Yang lebih penting lagi, Soetjipto tak ingin para mantan juara nantinya hidup sengsara usai tak lagi terjun di dunia olahraga.

“Kami tak mau melihat para juara di masa tuanya menjual medali atau piala yang mereka peroleh, karena tak mampu menopang hidupnya,” imbuhnya.

Karenanya dia akan membuat satu divisi di Satlak Prima yang mengurus soal masa tua atlet berprestasi atau para juara.

“Saya yakin, kalau pemerintah serius memperhatikan nasib mantan atletnya, para atlet akan serius berjuang mengejar prestasinya. Mereka tak akan takut dengan masa tuanya. Imbasnya, target yang diberikan kepada para atlet, akan terpenuhi,” tandasnya.

Sebelumnya mantan Kasatlak Prima, Suwarno yang juga mengikuti fit and proper tes mengatakan, demi kemajuan olahraga di Tanah Air, Indonesia harus memanfaatkan sport science.

Ketujuh calon Kasatlak Prima yang mengikuti fit and proper test adalah Mayjen Soewarno, Laksamana Achmad Soetjipto, Lukman Niode, Richard Sambera, Prof Mulyana, Toenas Dwidharto, dan Sadik Algadri.

Fit and proper test Kasatlak Prima dipimpin langsung oleh Ketua KONI Pusat, Tono Suratman. Ikut sebagai tim penguji Deputi V Kemenpora Gatot S Dewo Broto dan Deputi IV Kemenpora Prof Dr Djoko Pekik Irianto.

kinoy jackson