Luhut Binsar Naik Pangkat Jadi Menkopohukam?

Rabu, 12 Agustus 2015

DEKANDIDAT.COM – Dari sejumlah nama menteri baru, Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Binsar Pandjaitan, kabarnya bakal diangkat menjadi Menko Polhukam menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.

Salah satu pertanda Luhu bakal diangkat menjadi menteri bisa dirasakan dengan pelarangan terhadap dirinya untuk berangkat ke Bandung, Rabu ini. Sebelumnya, yang bersangkutan telah memiliki agenda ke Kota Kembang untuk menghadiri sejumlah acara di antaranya meninjau proyek infrastruktur.

Luhut dijadwalkan terbang ke Bandung pagi ini dengan menggunakan helikopter. Sumber itu pun menyebutkan, helikopter yang akan ditumpangi Luhut juga telah siap untuk melakukan perjalanan itu.
“Ya, instruksinya Kepala Staf (Luhut) enggak boleh meninggalkan Jakarta,” ujar sebuah sumber Kompas di lingkungan istana pagi ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Luhut muncul sebagai salah satu menteri baru yang akan dilantik siang nanti. Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Presiden Megawati Soekarnoputri ini akan menduduki jabatan baru sebagai Menko Polhukam menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.

Lima nama menteri baru lainnya adalah: mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution akan menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Kemudian, mantan Menko Perekonomian pada era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli, akan menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Mantan pejabat Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Thomas Lembong, akan menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel. Nama lainnya adalah elite politik PDI Perjuangan, Pramono Anung, yang akan menggantikan Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet. Terakhir, Sofyan Djalil akan menggantikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

kinoy jackson