Jadi Tersangka, Kaligis Emoh Diperiksa Sebagai Saksi

Selasa, 28 Juli 2015

DEKANDIDAT.COM – Karena telah dijadikan sebagai tersangka, pengacara senior OC Kaligis tak bersedia dijadikan sebagai saksi untuk kasus dugaan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

“Pertama, sudah diperiksa. Kemudian dia tidak mau diperiksa sebagai saksi karena dia sudah jadi tersangka,” kata kuasa hukum Kaligis, Alamsyah Hanafiah.

Dia secarategas menolak jika Kaligis disebut tidak kooperatif karena tidak mau diperiksa penyidik.

“Menghalangi penyidikan itu kalau seseorang belum jadi tersangka. Kalau dia untuk jadi saksi, sebagai tersangka dia punya hak diam. Dia tidak mau menjawab BAP (berita acara pemeriksaan) boleh,” tambahnya.

Kaligis ingin kasusnya cepat disidangkan untuk mengungkap apakah penyangkalannya mengenai suap tersebut terbukti atau tidak.
“Kaligis menyatakan, dia tidak tahu soal suap dan dia tidak pernah korupsi uang negara,” tukas Alamsyah.

Hari ini, Kaligis sedianya diperiksa sebagai saksi bagi anak buahnya, M Yagari Bhastara alias Gerry, yang dijerat sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Namun, Alamsyah menyampaikan pesan Kaligis bahwa kliennya memilih ditembak mati daripada diperiksa oleh KPK.

Kasus ini bermula dari perkara korupsi dana bantuan sosial yang mengaitkan sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kasus korupsi yang kini ditangani Kejaksaan Agung itu digugat oleh Pemprov Sumatera Utara.

Sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan Agung, kasus ini mengendap di Kejaksaan Tinggi. Dalam proses gugatan ke PTUN Medan itulah, KPK kemudian membongkar dugaan praktik penyuapan yang dilakukan oleh Gerry kepada tiga hakim dan satu panitera.

kinoy jackson