Hanya Menghambur-hamburkan Dana

Indonesia Tak Mau Sering-sering Menjadi Tuan Rumah SEA Games

Sabtu, 11 Juli 2015

DEKANDIDAT.COM – Kendati peluang tuan rumah sangat besar untuk menjadi juara pada lomba multi event, namun Kemenpora tak mau Indonesia sering-sering menjadi tuan rumah SEA Games hanya karena berambisi ingin menjadi juara umum.

Hal demikian dikatakan Juru Bicara Kemenpora, Gatot S Dewo Broto, saat tampil sebagai pembicara pada Media Gathering bertajuk ‘Mengusung Prestasi Asian Games 2018′ yang diselenggarakan Kemenpora, Kamis, di Ballroom Mulia 1, Hotel Grand Zuri, Tanggerang Selatan.

“Peluang tuan rumah untuk menjadi juara umum pada lomba multi even seperti SEA Games memang sangat besar. Namun begitu, kita tak mau sering-sering menjadi tuan rumah hanya karena berambisi menjadi juara,” tegas Gatot Dewo Broto.

Dia merinci, keberhasilan tuan rumah menjadi juara umum di SEA Games, tak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan,

“Biaya untuk menggelar SEA Games, sangat besar. Kita tak mau pemerintah harus repot mengeluarkan banyak biaya, hanya karena ingin menjadi juara SEA Games,” imbuhnya.

Seperti diketahui, nyaris setiap tuan rumah SEA Games selalu tampil sebagai juara umum. Indonesia terakhir kali menjadi juara umum pada SEA Games 2011 yang diselenggarakan di Jakarta. Selebihnya, Thailand mendominasi juara umum SEA Games.

Gatot menambahkan, lebih baik kita menjadi juara dengan cara meningkatkan kualitas atlet ketimbang menjadi tuan rumah.

Dia menjabarkan, saat ini calon tuan SEA Games sepertinya sedang galau. Mereka tak mau menjadi tuan rumah karena faktor biaya sangat besar yang harus dikeluarkannya.

“Biasanya kalau ada negara yang keberatan menjadi tuan rumah, Bangkok selalu menjadi negara cadangan utama. Namun sangat tidak mungkin bila tuan rumah SEA Games 2017 dan 2019 diadakan di Bangkok,” tukasnya.

Dari segi fasilitas, dengan semakin seringnya sebuah negara menjadi tuan rumah SEA Games, secara otomasi negara tersebut semakin baik. Namun harus diperhitungkan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah SEA Games.”

Tampil pula sebagai pembicara pada acara kali ini, Asisten Deputi Bidang Penerapan IPTEK Keolahragaan, Joko Sulistyono dan Redaktur Senior Media Indonesia Eko Suprihatno, serta dimoderatori oleh Kabag Sisinfo, Ahmad Arsani.

kinoy jackson