Menteri Yudhi Kini Larang PNS Mudik Pakai Mobil Dinas

Jumat, 10 Juli 2015

DEKANDIDAT.COM – Weleh-weleh. Beberapa waktu lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, mengijinkan pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran. Tapi kini, dia justru mengancam akan mengenakan sanksi terhadap PNS yang mudik pakai kendaraan dinas.

“Saya mengikuti kebijakan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jadi, bagi yang menggunakan kendaraan dinas tanpa izin akan mendapatkan sanksi,” tegas Yuddy, di Jakarta.

Menurutnya, pelanggar kebijakan ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Kalau kendaraan dinas itu rusak dan pengguna menolak bertanggung jawab, tentu hukuman akan lebih berat,” tukasnya.

Namun, Yuddy menolak jika perubahan kebijakannya ini terkait pro kontra di masyarakat.

“Perubahan kebijakan ini, merupakan bentuk kepatuhan saya terhadap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” imbuhnya.

“Jika kebijakan memiliki landasan hukum dan tujuan yang baik, saya tidak takut dengan opini publik. Sekuat apa pun hak yuridis dan akademis saya untuk mengambil kebijakan, saya harus tetap patuh kepada pimpinan tertinggi,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Juni 2015, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi memberikan izin kepada para PNS menggunakan kendaraan dinas untuk mudik.

Saat itu, Yuddy mengatakan, pemakaian kendaraan dinas tersebut berlaku bagi PNS yang belum mempunyai keluarga, kemudian tidak memiliki kendaraan pribadi dan yang penghasilannya masih bisa dikatakan rendah.

kinoy jackson