Kata Menpora, Bonus SEA Games Kali Ini Paling Cepat Cair

Kamis, 9 Juli 2015

DEKANDIDAT.COM – Tepuk tangan pun langsung bergemuruh ketika Menpora Imam Nahrawi memastikan semua bonus atlet peraih medali pada SEA Games 2015 cair dan langsung ditransfer ke rekening masing-masing atlet.

“Bonus semuanya sudah terpenuhi. Pajak juga kami gratiskan. Ini adalah sejarah bonus tidak ada potongan pajak,” kata Menpora Imam Nahrawi sebelum memberikan bonus kepada para atlet yang sukses mempersembahkan medali di ajang SEA Games Singapura 2015, Kamis (9/7) petang di halaman Kemenpora Jakarta, Kamis.

Menurut politisi PKB ini, pemberian bonus kepada atlet berprestasi di ajang SEA Games merupakan yang tercepat dilakukan di Tanah Air.

“Sebelumnya, atlet sempat menunggu lama, karena bonusnya belum juga dikirim atau masuk ke rekening atlet bersangkutan,” tambahnya.

Pemberikan bonus kepada atlet, pelatih dan asisten pelatih ini dinilai paling cepat dibandingkan sebelumnya. Sebelumnya bonus diberikan lebih dari satu bulan setelah kejuaraan. Bahkan bonus SEA Games 2013 baru diberikan tuntas setelah empat bulan.

Bahkan Donny Kusuma, atlet softball Indonesia, yang petang ini menjadi MC menyebutkan, ketika dia berhasil mempersembahkan medali emas pada SEA Games 1997, bonusnya baru cair lima tahun kemudian.

“Dulu, saya baru dapat bonus setelah lima tahun. Kalau sekarang, cepat sekali. Belum lagi keringat kering, bonus sudah cair,” ujar Donny.

Imam Nahrawi menambahkan, bonus yang diberikan sebenarnya belum sesuai dengan perjuangan atlet dalam mengharumkan nama bangsa. Untuk itu apresiasi atlet harus terus diberikan bagi atlet yang berprestasi.

Kontingen Indonesia pada SEA Games 2015 di Singapura mendapatkan 182 medali yang terdiri 47 emas, 61 perak dan 74 perunggu. Dengan demikian total atlet yang akan menerima bonus sebanyak 371 orang dari 31 cabang olahraga.

Berdasarkan hitungan dari Kemenpora, total bonus yang akan diguyurkan kepada atlet berprestasi setelah dipotong pajak sebesar Rp25,5 miliar. Selain itu bonus juga diberikan kepada 47 pelatih dengan total setelah dipotong pajak sebesar Rp6 miliar.

Adapun rincian bonus yang diberikan kepada atlet adalah untuk peraih emas perorangan sebesar Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juga. Sedangkan untuk beregu masing-masing atlet peraih emas Rp100 juta, perak Rp30 juta dan perunggu Rp15 juta.

Sedangkan untuk pelatih yang mengantarkan anak asuhnya meraih emas mendapatkan bonus sebesar Rp60 juta, perak Rp40 juta dan perunggu Rp25 juta. Untuk asisten pelatih secara berurutan Rp30 juta, Rp20 juta dan Rp12,5 juta.

Dari 371 atlet ada beberapa atlet yang meraih lebih dari dua keping medali emas di antaranya adalah Febrianto dari cabang ski air, Lindswell dari cabang olahraga wushu, Triyaningsih, dan Maria Londa dari cabang atletik.

kinoy jackson