Tolak Dana Aspirasi, NasDem Tarik Anggotanya dari Panja DPR

Jumat, 19 Juni 2015

DEKANDIDAT.COM – Sebagai wujud keseriusannya menolak usulan dana aspirasi daerah pemilihan sebesar Rp 20 miliar per anggota setiap tahunnya, Nasdem menarik keikutsertaan anggotanya dalam panitia kerja Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) ini.

“(Anggota NasDem di Panja) tidak aktif lagi,” tegas anggota Fraksi Nasdem, Patrice Rio Capella, Jumat, di Jakarta.

Alasan Nasdem menolak mulai dari tak ada aspek keadilan dan pemerataan di daerah, potensi penyelewangan anggaran, hingga kewenangan pemerintah yang dicampuri DPR dengan ikut mengusulkan program pembangunan di dapil.

“Kita berharap fraksi yang lain juga bisa memahami langkah yang diambil Nasdem,” ujarnya penuh harap.

Sementara itu Partai Hanura yang juga bergabung dengan KIH, ikut menolak dana aspirasi. Namun Hanuran tetap menempatkan anggotanya di Panja.

Ketua Fraksi Hanura Nurdin Tampubolon berharap penolakan tersebut bisa memengaruhi fraksi-fraksi lain yang pada akhirnya membatalkan usulan dana aspirasi tersebut.

“Kalau ikut rapat dia akan menolak. Kalau mereka diambil voting dengan suara terbanyak, kita akan walkout seperti beberapa paripurna sebelumnya,” tegas Nurdin.

Sejauh ini, baru Hanura dan Nasdem yang sudah menyatakan penolakannya terhadap dana aspirasi ini. Sementara tujuh fraksi lainnya belum menyampaikan sikap resmi, namun secara individual banyak yang menyatakan dukungannya.

kinoy jackson