Kemenpora Bersama Ahok Siap Gelar Asian Paragames 2018

Jumat, 19 Juni 2015

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), didampingi Asdep Olahraga Layanan Khusus Kemenpora, Bayu Rahadian, Jumat siang, menerima pengurus National Paralympic Committee (NPC) dan Presiden Asian Paralympic Committee (APC), Majid Rashed, untuk membahas pelaksanaan Asian Paragames 2018 di Indonesia.

“Simbolisasinya dilambangkan dengan penyerahan bendera dari Presiden Asian Paralympic Committee, Dato Zainal Abu Zarin dengan perwakilan Kemenpora Djoko Pekik Irianto pada penutupan Incheon 2014 Asian Paragames di Korsel,” kata Ketua NPC, Senny.

Sementara itu Presiden Paralympic Committee, Majid Rashed menjelaskan bahsa Asian Paragames 2018 akan diselengarakan pada September 2018.

“Nanti akan menggunakan tempat dan fasilitas yang sama dengan Asian Games 2018. Diperkirakan akan hadir 7.000 atlet dari 42 negara yang akan ikut ambil bagian di 15 cabag olahraga,” ujar Majid.

Ke-15 cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah atletik, renang, angkat beban, tenis meja, tenis kursi roda, badminton, bowling, boccia, panahan, football 7-a-side, goalball, voli duduk, basket kursi roda, menembak, dan judo.

Menanggapi rencana tersebut, Ahok langsung menyatakan dukungannya.

“Pemprov DKI Jakarta telah memiliki peraturan terkait Penyandang Disabilitas, yakni Perda No. 10/2011 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas dan telah dibentuk Lembaga Perlindungan Penyandang Disabilitas (LPPD) melalui Pergub No.24/2013 yang beranggotakan 31 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” kata Ahok.
“Pemprov DKI akan menyiapkan fasilitas, seperti Wisma Atlet Kemayoran dan Velodrome,” lanjutnya.

Dari pihak Kemenpora, Bayu Rahadian menyatakan bahwa Kemenpora akan memfasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan.

“Untuk event ini, nanti koordinasinya dengan kami,” tegas Bayu Rahadian.

kinoy jackson