Korupsi FIFA Terbongkar, Menpora Mau Bersih-Bersih di PSSI

Rabu, 3 Juni 2015

DEKANDIDAT.COM – Momen terbongkarnya berbagai kasus korupsi di federasi sepakbola dunia, FIFA, dimanfaatkan oleh Menpora Imam Nahrawi untuk bersih-bersih di tubuh PSSI yang kini tengah dibekukan. Kemenpora mengaku telah menggandeng KPK untuk menemukan borok-borok tersebut.

“Semua sedang bejalan di KPK. Sudah sejauh mana? Tanyakan ke mereka. Sekarang mereka punya alat ukur masing-masing. Targetnya kapan? Tidak tahu, tanyakan ke KPK saja. Yang pasti kami akan bentuk penyelidikan,” kata Imam Nahrawi, Rabu (3/6) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Seperti diberitakan, sejak dipercaya sebagai orang pertama di Kemenpora, politisi PKB ini terus mempersoalkan isu sepakbola Indonesia yang sarat dengan mafia dan match fixing.

Menyoal terkuaknya korupsi di tubuh FIFA, dia menilai peristiwa tersebut harus dijadikan sebagai momentum untuk melakukan reformasi di tubuh FIFA.

PSSI pun disarankan melakukan hal yang sama.

“Kalau mereka (PSSI) mau mereformasi diri, mau membenahi diri, menjalankan keputusan pengadilan bahwa mereka harus transparan dalam hal keuangan. Tergantung mereka ‘kan?”

“Mereka mengikuti aturan main tidak? Mereka taat dengan UU SKN tidak? Juga soal club licensing yang dikeluarkan FIFA dan AFC? Semua mengacu pada undang-undang dan aturan,” tukasnya.

Menpora juga berjani akan melakukan perubahan secara besar-besaran di persepakbolaan Tanah Air.

“Beberapa bulan ke depan akan ada perubahan besar-besaran restrukturisasi di Indonesia untuk sepakbola Indonesia. Statuta FIFA bukan panduan sempura yang harus ditakuti, bangsa Indonesia tidak boleh takut,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia akan melakukan pembenahan Terlihat bantuan FIFA dalam bentuk program dan uang rawan disalahgunakan, oleh karena itu butuh transparasi termasuk di dalam tubuh PSSI.

“Ini momentum sangat baik agar terjadi reformasi besar-besaran di tubuh FIFA dan sepakbola Indonesia,” lanjutnya.

kinoy jackson