Masyarakat Indonesia di Madrid Siap Promosikan Indonesia di Spanyol

Rabu, 29 April 2015

KBRI Madrid telah menyelenggarakan acara Pertemuan Masyarakat Indonesia, dihadiri oleh 200 anggota masyarakat Indonesia di Madrid di Ruang Satya Loka KBRI Madrid, Minggu (26/3). Selain untuk mempererat silaturahmi diantara keluarga masyarakat Indonesia di Madrid dalam persiapan partisipasi Diaspora Indonesia Chapter Spanyol dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-3 di Jakarta, 12-14 Agustus 2015, kegiatan ini juga untuk merangsang agar masyarakat Indonesia di kota ini semakin giat mempromosikan Indonesia di Negeri Matador.

 

“KBRI ingin mendorong partisipasi seluruh masyarakat Indonesia di Spanyol dalam berbagai kegiatan promosi ekonomi, sosial dan budaya Indonesia di Spanyol,” ujar Duta Besar RI di Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso saat memberikan paparan dalam pertemuan ini dalam siaran pers yang diterima Dekandidat, Selasa (28/4) malam.

 

Selain mamaparakan kinerja KBRI sepanjang 2014 yang mentereng dengan kedatangan lima anggota Kabinet Indonesia Bersatu, Yuli juga menyampaikan proyeksi kinerja untuk tahun ini. Sesuai dengan rencana pembangunan Pemerintah Indonesia 2015-2019 yang mencanangkan peningkatan arus wisarawan asing ke Indonesia dari 8 juta ke 20 juta dan ekspor naik 300%, Yuli mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Madrid untuk berpartsipasi aktif dalam mempromosikan berbagai potensi Indonesia di Spanyol.

 

Untuk itu, KBRI Madrid menyiapkan berbagai program sepanjang 2015 yang akan lebih berhasil jika mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia. Seperti Journalist Tour ke Paviliun Indonesia di Expo Milan, 1 Mei – 30 Oktober 2015, Bazar Indonesia di KBRI Madrid, 13 – 14 Juni 2015. Kemudian Pertemuan Diaspora Indonesia Chapter Spanyol di KBRI Madrid, Juli 2015; Pentas Budaya Indonesia di Barcelona, September 2015; dan Reuni Akbar Alumni Indonesia di Madrid, Oktober 2015 selain perayaan HUT RI sepanjang bulan Agustus 2015.

 

Ajakan Dubes RI tersebut disambut dengan antusias masyarakat yang hadir dalam acara Silaturahmi tersebut. Bahkan, mereka akan menyampaikan saran-saran untuk lebih menyemarakan kegiatan-kegiatan promosi Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Madrid. Penyelenggaraan silaturahmi ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia yang menyatakan bahwa informasi yang disampaikan oleh KBRI dalam kesempatan tersebut telah menambah rasa percaya diri mereka dalam bergaul di tengah masyarakat Spanyol.

 

“Kita siap mempromosikan gastronomi Indonesia di Madrid melalui kegiatan kerjasama dengan Pemerintah Kota Madrid dan komunitas Asia lainnya di Madrid, menyelenggarakan semacam pekan gastronomi atau Madrid Foodstreet Festival,” ujar salah satu wakil dari diaspora Indonesia, Jimmy Liem yang telah lebih dari 25 tahun bermukim di Madrid dan beristri warga Spanyol.

Muhajirin