Japfa Grand Master Tournament 2015

Sean Hambat Laju GM Nguyen And Dung untuk Raih Juara

Senin, 20 April 2015

DEKANDIDAT.COM – Pecatur muda berbakat Indonesia, IM Sean Winshand Cuhendi (elo rating 2428) kembali membuka peluangnya untuk tampil sebagai juara di Japfa Grand Master 2015 menyusul hasil remis yang diraihnya saat menghadapi pemimpin klasemen, GM Nguyen And Dung dari Vietnam (2464) di babak ketujuh, Minggu (19/4) malam, di Dieng Room, Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Dengan tambahan setengah angka, Sean kini telah mengemas 4,5 point atau hanya kalah 0,5 point dari Nguyen And Dung (5 point).

“Pertandingan masih menyisakan empat babak lagi, saya masih punya peluang untuk medapatkan norma pertama saya meskipun sangat berat karena di babak tujuh saya hanya main remis,” kata Sean Winshand, usai pertandingan.

Meskipun yang dipaksa bermain remis adalah seorang grand master, namun Sean tak merasa puas. Dia berharap bisa mengalahkan siapa saja yang dihadapinya.

“Turnamen masih tersisa empat babak. Kalau ingin meraih norma grand master, saya harus memenangi semua babak yang tersisa. Sekali saja kalah, saya gagal meraih norma,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu pecatur putri terbaik Indonesia, IM Irene Kharisma (2415), harus puas berada di posisi kelima klasemen sementara. Kini dia baru mengumpulkan 4 point setelah mencatat kemenangan di babak ketujuh dari pecatur Rumania, IM Alina L’Ami (2397).

Sedangkan juara bertahan asal Belanda, GM Sergei Tiviakov (2662), kini berada di posisi ketiga dengan raihan 4.5 point. Di babak ketujuh dia menang dari pecatur cantik asal Prancis, IM Sophie Miliet (2377).

Hasil pertandingan lainnya di babak ketujuh; GM Rogelio Antonio Jr, Filipina (2483) remis melawan WGM Medina Warda Aulia (2404), GM Gopal, India (2577) remis melawan IM Tirta Chandra Purnama (2397),
IM Farid Firman Syah (2422) mengalahkan FM Muhammad Lutfi Ali (2401).

Adapun babak ke-8 yang akan dimainkan mulai pukul 15.00 akan bertanding, WGM Aulia Medina Warda vs IM Farid Firman Syah, IM Sukandar Irine Kharisma vs FM Ali Muhammad Lutfi, IM Purnama Tirta Chandra vs IM L’Ami Alina, GM Nguyen Anh Dung vs GM Gopal G.N, IM Milliet Sophie vs IM Sean Winshand Cuhendi, dan GM Antonio Rogelio Jr vs GM Tiviakov Sergei.

Japfa Grand Master Tournament 2015 yang menggunakan sistem Swiss 11 Babak akan berakhir pada 22 April mendatang.

kinoy jackson