Japfa Grand Master Tournament 2015

Sang Juara Bertahan GM Sergei Tiviakov Mulai Menggeliat

Minggu, 19 April 2015

DEKANDIDAT.COM – Perlahan tapi pasti, Sang Juara Bertahan, GM Sergei Tiviakov, mulai menggeliat. Kini dia berada di posisi kedua klasemen dengan raihan 3 point di ajang Japfa Grand Master Tournament 2015, setelah di babak kelima mengalahkan IM Tirta Chandra Purnama (2393), Sabtu (18/4) malam, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Pecarur asal Belanda yang memiliki elo rating 2662, kini menempel ketat pimpinan klasemen sementara asal Vietnam, GM Nguyen (2464), bersama dua pecatur muda Indonesia, IM Irene Khraisma (2415) dan Sean W Cuhendi (2428),

Di babak kelima yang dimainkan mulai sore hari di Dieng Room, kedua pecatur ini saling berhadapan dan mengakhiri pertandingan dengan hasil remis di langkah ke-23.

“Kami sepakat remis saja, sudah tiga kali bolak-balik jalan,” kata Sean yang memegang buah putih dan mengaku bermain dengan pembukaan Marshall.

Diakui Sean, ini merupakan pertemuan pertamanya melawan. Dia yang semula ingin membuat kejutan dengan memainkan langkah baru, ternyata justru dikejutkan oleh Irene yang juga memainkan langkah ‘aneh’.

“Awalnya saya yang akan membuat kejutan. Eh, saya yang justru kaget dengan langkah Iren. Tadinya saya pesimis bakal kalah. Beruntung pertandingan bisa berakhir remis,” ujarnya.

Ditanya tentang peluangnya meraih norma pertama GM, Sean yang hingga babak kelima belum mengalami kekalahan mengatakan akan berjuang keras untuk memenangi enam babak pertandingan yang tersisa.

“Peluang memang berat, dengan hasil tiga angka yang saya dapat hingga babak kelima ini, saya minimal harus menang lima kali lagi untuk bisa mendapat norma,” imbuhnya.

Hasil pertandingan lainnya di babak kelima adalah, IM Sophie Miliet dari Prancis (2377) mengalahkan WGM Medina Warda Aulia (2404), GM Rogelio Antonio Jr ,Filipina(2483) memaksa remis GM Nguyen Anh Dung (Vietnam), dan GM Gopal, India (2577) mengalahkan IM Farid Firman Syah (2422).

Hari ini (19/4) Japfa Grand Master Tournament 2015 akan mempertandingkan dua babak, yakni babak ke-6 dan ke-7.

Jadwal pertandingan babak ke-6; WGM Aulia Medina Warda vs FM Ali Muhammad Lutfi, IM Farid Firman Syah vs IM L’Ami Alina, IM Sukandar Irine Kharisma vs GM Gopal G.N, IM Purnama Tirta Chandra vs IM Sean Winshand Cuhendi, GM Nguyen Anh Dung vs GM Tiviakov Sergei, dan IM Milliet Sophie vs GM Antonio Rogelio Jr.

Jadwal pertandingan babak ke-7; GM Antonio Rogelio Jr vs WGM Aulia Medina Warda, GM Tiviakov Sergei vs IM Milliet Sophie, IM Sean Winshand Cuhendi vs GM Nguyen Anh Dung, GM Gopal G.N vs IM Purnama Tirta Chandra, IM L’Ami Alina vs IM Sukandar Irine Kharisma, dan FM Ali Muhammad Lutfi vs IM Farid Firman Syah.

kinoy jackson