Kemenpora Fasilitasi Pelaksanaan New Asia Afrika Youth Conference Plus 2015

Kamis, 2 April 2015

DEKANDIDAT.COM – Sebanyak 43 negara memastikan ikut ambil bagian pada New Asia Afrika Youth Conference Plus, 20-22 April di Bandung. Hal demikian dikatakan Presiden OIC Youth Indonesia, Tan Taufik Lubis.

“Dari 43 negara, perwakilan pemuda dari Asia Tenggara paling komplit. Sementara negara-negara dari Asia-Afrika hingga kini baru 21 negara yang memastikan hadir. Selebihnya dari luar Eropa dan Amerika,” kata Taufik Lubis saat tampil sebagai pembicara pada Diskusi Kamisan Kemenpora, Kamis (2/4), di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Taufik juga menjelaskan alasan menambahkan kata plus pada New Asia Afrika Youth Conference Plus.

“Pada kesempatan ini, kami juga mengundang perwakilan pemuda-pemuda dari luar Asia dan Afrika. Mereka berasal dari Eropa, Amerika, dll,” tambahnya.

Nantinya, selain seminar dan diskusi yang mengangkat masalah terkini di dunia, juga diadakan pergelaran budaya dari seluruh peserta.

“Jadi bukan hanya budaya nasional saja yang akan ditampilkan. Akan tetapi seluruh peserta diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya mereka.”

Mengenai kesiapan acara, Ketua BEM UIN, Syarief Syaefullah mengatakan, dengan persiapan yang hanya dua bulan, panitia pelaksana sudah bekerja maksimal untuk menggelar acara ini.

“Insya Allah acara ini akan terselenggara dengan baik. Bersama teman-teman kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan acara ini,” tukas Syarief.

Dia juga menjelaskan bahwa acara ini terselenggara berkat kerjasama UIN Bandung, Kemenpora, dan OIC Youth Indonesia. Acara ini akan diadakan di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Hotel Savoy Homann, dan Gedung Merdeka.

Pada kesempatan yang sama, Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dr Yuni Poerwanti, M.Pd menjelaskan bahwa Kemenpora sebagai wakil pemerintah yang menaungi kaum muda Indonesia mempunyai kewajiban dan tanggung jawab sesuai diamanatkan oleh UU RI No 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan, turut terlibat dalam pelayanan kepemudaan.

Demi terselenggaranya acara ini dengan baik, Kemenpora juga meminta dukungan dari Kemlu, Kemenag, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, Pemprop Jabar, Pemkot Bandung, dan Kadin setempat.

“Melalui acara ini, setidaknya Kemenpora telah memfasilitasi penyiapan pemuda kader pada tataran nasional dan global termasuk kawasan Asia-Afrika,” ujar Yuni.

kinoy jackson