Gantikan Abraham Samad, Pak Ruki Kembali Pimpin KPK

Jumat, 20 Februari 2015

DEKANDIDAT.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya melantik Taufiqurachman Ruki sebagai Plt pimpinan KPK. Namun yang bersangkutan juga dipercaya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK menggantikan Abraham Samad yang kini dinonaktifkan karena menjadi tersangka untuk kasus pemalsuan dokumen di Sulawesi.

Keputusan Presiden Nomor 14 B tahun 2015 diterbitkan Presiden Jokowi untuk mengangkat Ruki sebagai orang pertama di lembaga super bodi tersebut. Sebelumnya, Ruki juga pernah memimpin KPK.

Sedangkan Johan Budi (Keppres 15 Tahun 2015) diangkat menjadi Plt Wakil Ketua gantikan Bambang Widjojanto.

Sementara posisi kosong yang ditinggal pensiun Busyro Muqoddas,  diisi oleh Indriyanto Seno Adji.

Pengucapan Sumpah/Janji Ketua dan Wakil Ketua Sementara Merangkap Anggota Sementara Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi di Hadapan Presiden ini digelar Jumat (20/2), Istana Negara, sekitar pukul 08.00 WIB.

Mengomentari penunjukkan Taufiequrachman Ruki sebagai Plt pimpinan KPK, anggota tim 9 Imam Prasodjo memuji keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Johan, Pak Ruki adalah sebuah solusi sementara, mudah-mudahan ini akan bisa menjadi alternatif sementara krisis ini harus terus dibangun jangan sampai berkelanjutan. Jadi ini adalah salah satu putusan yang cukup melegakan,” tegas Imam Prasodjo.

kinoy jackson