PDIP Berang, Jokowi Tak Lantik Komjen BG Jadi Kapolri

Rabu, 18 Februari 2015

DEKANDIDAT.COM – PDI Perjuangan langsung berang ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak melantik Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri.

“Sekarang saya mau tanya apa salah Budi Gunawan sehingga dianulir? Status tersangka sudah dicabut, DPR juga sudah setuju berarti tidak ada alasan untuk tidak dilantik,” kata politisi PDIP, TB Hasanuddin, Rabu, di Jakarta.

Menurutnya, seharusnya Jokowi melantik Komjen Budi Gunawan.

“Saat ini sudah jadi opini publik kalau Komjen BG itu koruptor. Ternyata melalui praperadilan, dia tak terbukti. Seharusnya Jokowi langsung melantiknya. Kalau setelah jadi Kapolri, ada bukti baru dan ditetapkan jadi tersangka ya ditindaklanjuti. Ini penting agar semua orang ada kepastian hukum,” tegas TB Hasanuddin.

TB juga mempertanyakan kenapa Presiden Jokowi menunggu putusan praperadilan kalau keputusan yang diambil sama saja. Memang elite PDIP mendorong Jokowi lekas melantik Komjen Budi setelah Budi Gunawan memenangkan praperadilan.

“Untuk apa menunggu praperadilan berlama-lama kalau putusannya juga nggak ada pengaruhnya. Logikanya kalau kemudian BG itu sudah dianulir status tersangkanya ya logikanya ya diangkat, karena kemarin tidak dilantik karena ada status sebagai tersangka, kalau menghormati keputusan pengadilan Jaksel yang menganulir status tersangka maka dia sudah bukan tersangka lagi, menurut hemat saya ya sudah lantik,” ujarnya.

“Kalau kemudian setelah jadi Kapolri dinyatakan tersangka ya presiden mencabutnya. Misalnya KY menyatakan putusan pengadilan salah berarti ya Kapolri diganti, logikanya begitu.”

kinoy jackson