Cari Bibit Pesepakbola Handal, Menpora Ikuti Cara Indra Sjafri

Minggu, 1 Februari 2015

DEKANDIDAT.COM – Siapa bilang Indonesia miskin bibit pesepakbola handal? Pelatih Indra Sjafri dan Jackson F Chaniago sudah membuktikannya. Karena itu, pemerintah akan fokus mencetak bibit-bibit pesepakbola yang kelak mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

“Saya akan ikuti cara Indra Sjafri, yaitu mencari bibit pesepakbola handal sebanyak-banyaknya di seluruh Indonesia. Kita didik, kita kirim ke akademi-akademi, kita perhatikan fisiknya, tekniknya sampai siap untuk masuk tim,” kata Menpora Imam Nahrawi saat menutup LIGA HOS Tjokroaminoto CUP di Legenda Football Academy, Tambun, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/2).

Liga U-16 ini digelar oleh Legenda Football Academy dan Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) dan diikuti oleh puluhan kesebelasan dari seluruh tanah air.

“Saya bangga dengan Legenda Football Academy dan ASSBI karena inilah modal kita menembus Piala Asia dan Piala Dunia. Pemerintah fokus pada bibit-bibit muda dan terus akan mendukung ASSBI dan seluruh akademi sepakbola di Indonesia,” ujar Menpora yang akrab disapa Cak Imam ini.

Menpora juga meminta agar semua akademi mulai memperbaiki kualiltas dan manajemen pengelolaannya.

“Belajarlah dari akademi-akademi besar dunia. Tanpa profesionalisme, hasil yang akan didapat tidak akan maksimal. Terutama pelatih, terus tingkatkan kemampuannya agar bisa melatih para pesepakbola kita lebih baik lagi,” ujar pria kelahiran Bangkalan Madura itu menambahkan.

Dalam kejuaraan ini keluar sebagai peringkat pertama kesebelasan Kabo Bogor, diikuti oleh Petrokimia soccer school dan Bekasi Putra.

kinoy jackson