Penjahat Narkoba Dieksekusi Mati

Pemerintah Tak Perlu Khawatir Negara Lain Tarik Dubesnya

Rabu, 21 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Pemerintah diminta tak perlu mempersoalkan mengenai penarikan duta besar negara Brasil dan Belanda terkait eksekusi mati terrhadap terpidana hukuman mati kasus narkoba. Hal demikian dikatakan Menteri Hukum dan HAM, Yasona H Laoly.

“Pemerintah Brasil dan Belanda minta agar warga negaranya diampuni. Kalau Pemerintah Indonesia tidak memberikan pengampunan itu adalah kedaulatan negara Indonesia,” kata Yasona H Laoly, Rabu, di Jakarta.

Secara tegas dia mengatakan, pelaksnaaan hukuman mati terhadap terpidana kasus narkoba jangan hanya melihat warga suatu negara, tapi harus dilihat sebagai kejahatan lintas negara yang dampaknya sangat merusak warga negara dalam jumlah besar.

“Dari narkoba, ada sekitar 40 orang yang meninggal dunia setiap hari,” ujarnya.

“Jadi, pelaksanaan hukuman mati ini bukan menghukum warga negara Brasil atau warga negara Belanda. Namun bagaimana pemerintah Indonesia melindungi warga negaranya dalam jumlah besar yang rusak karena peredaran narkoba.”

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melakukan eksekusi terhadap enam terpidana hukuman mati kasus narkoba di Nusakambangan dan Boyolali, Jawa Tengah, pada Minggu (18/1) dini hari.

kinoy jackson