Kemenpora Berniat Menggelar Liga Santri

Rabu, 21 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di kantor Kemenpora, sejumlah perwakilan dari berbagai kementerian menghadiri Rapat Koordinasi Sinkronisasi dan Sinergi Kejuaraan Multievent Olahraga Nasional Usia Muda.

“Rapat koordinasi ini kami selenggarakan untuk menyamakan persepsi di antara kementerian terkait pelaksanaan berbagai kejuaraan yang selama ini diselenggarakan,” kata Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Ir Djoko Pekik Irianto, Rabu, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Misalnya, di Kemendikbud ada kejuaraan yang dinamakan O2SN, sementara di Kemenag ada Pospenas. Kami sedang mengkaji apakah event seperti itu bisa dilakukan secara bersama? Kalau bisa, mungkin akan lebih baik. Terutama dari sisi pendanaan,” tambahnya.

Untuk itulah akhirnya dibentuk Tim Kecil Perumus Sinkronisasi dan Sinergi Kejuaraan Multievent Olahraga Nasional. Tim kecil tersebut berasal dari Kemenpora, Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kemenbudikdasmen, Kemenag, Kemensos, dan KONI Pusat.

“Untuk tahun ini (2015) merupakan pematangan saja, karena masing-masing kementerian masih akan melakukan penjajakan, terutama dari sisi pendanaan. Kemungkinan pada 2016 nanti, apa yang kita lakukan baru bisa dijalankan.”

Namun Djoko Pekik mengingatkan, berbagai event yang akan dilakukan jangan selalu ditargetkan pada prestasi, mengingat kondisi kebugaran pelajar di Tanah Air masih berada di angka O.

“Hanya perlu diingat, apa yang kita lakukan ini jangan selalu dipatok target prestasi. Mengapa? Karena tingkat kebugaran pelajar kita, masih di angka O,” tukasnya.

Djoko menambahkan, Rapat Koordinasi kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya pada 13 Januari, rapat serupa telah dilaksanakan. Namun karena pada rapat kali itu hanya tiga kementerian yang hadir, akhirnya rapat koordinasi dilakukan kembali pada hari ini.

“Alhamdulilah kali ini semuanya hadir. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bisa terlaksana pada tahun depan.” ujarnya penuh harap.

Ditambahkan, Kemenpora berniat menggelar Liga Santri pada 2016.

“Saat ini kami sedang mengkajinya, apakah nanti yang akan menyelenggarakannya Kemenpora atau Kemenag. Sesuai dengan namanya, Liga Santri, cabang olahraga yang yang terpikirkan oleh kami untuk dipertandingkan adalah sepakbola. Siapa tahu dari Liga Santri nantinya bisa ditemukan bibit pesepakbola tangguh,” tutupnya.

 

 

kinoy jackson