Batasi Pembelian Solar, Nelayan Minta Jokowi Copot Menteri Susi

Rabu, 21 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Karena merasa dirugikan, dibatasi pembelian soal, larangan penggunaan pukat, dll, sejumlah nelayan mendesak  Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, dicopot dari jabatannya.

“Dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kita menyarankan kepada bapak Presiden untuk mengganti menteri ini, karena kita minta waktu ibu menteri untuk berdialog tapi tidak memberikan waktu hingga Permen keluar, ” tegas Bambang dari Front Nelayan Bersatu, Rabu, di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Para nelayan yang mengadu ke DPR tersebut menyebutkan bahwa Menteri Susi dinilai tidak pro terhadap rakyat kecil. Salah satu buktinya, yang bersangkutan mengeluarkan kebijakan pembatasan pembelian solar bagi nelayan dan pelarangan penangkapan lobster dan kepiting pada ukuran tertentu.

“Tadi saya menyampaikan dari Serikat Nelayan Tradisional soal larangan menangkap rajungan dan kepiting bertelur, ukuran dan segala macam, menteri itu (Susi) tidak mengerti persis kalau nelayan direpotkan soal ukuran tangkapan ikan,” ujar Ketua Serikat Nelayan Tradisional, Kajidin.

Kajidin khawatir kebijakan KKP nantinya banyak yang merugikan dan menyengsarakan nelayan karena banyaknya peraturan.‎

“Kita laporkan ke kementerian betapa repotnya. Untuk cari makan saja dari hasil melaut repot apalagi dibuat peraturan seperti itu,” tukasnya.

Menanggapi keluhan tersebut, anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono berjanji akan memperjuangkan nasib nelayan. Ia mendukung kebijakan KKP yang memberatkan nelayan dikaji ulang.

“Terlepas dari direvisi atau tidak, pemerintah harus mengkaji secara komprehensif akibat dari Permen itu. Apabila kebijakan itu memunculkan masalah baru, maka wajib dievaluasi,” sebut Ono.

kinoy jackson