DPD Minta Perppu Pilkada Segera Diperbaiki

Selasa, 20 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) meminta DPR RI segera melakuan perbaikan terhadap Perppu No 1 tahun 2014 yang telah disetujui menjadi undang-undang. Hal ini dimaksudkan agar  pilkada langsung secara serentak bisa terlaksana lebih baik.

“Kita harapkan Perppu Pilkada yang sudah disetujui DPR RI segera dilakukan perbaikan substansi, seperti pengaturan soal biaya politik,” kata Ketua DPD RI, Irman Gusman, Selasa, di Jakarta.

Dijelaskan, perbaikan yang diharapkan agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan lebih baik seperti pengaturan biaya politik yang sebelumnya tidak ada batas maksimal sehingga pelaksanaan pilkada menjadi sangat mahal.

Jika ada pengaturan batas maksimal biaya politik, maka bisa dilakukan penyederhanaan, termasuk pengaturan untuk mengantisipasi adanya praktik politik uang.

Irman juga mengusulkan dalam perbaikan Perppu Pilkada tersebut persyaratan calon kepala daerah dari jalur perseorangan juga diberikan kemudahan.

Sesuai amanah konstitusi dan keputusan Mahkamah Konstitusi, DPD RI harus dilibatkan dalam perbaikan Perppu Pilkada.

Seperti diberitakan, DPR RI melalui rapat paripurna, Selasa (20/1), telah menyetujui Perppu No 1 tahun 2014 tentang Pilkada dan Perppu No 2 tahun 2014 tentang Pemda menjadi UU.

kinoy jackson