Dekat Dengan Kader Level Bawah, Zulkifli Dinilai Lebih Layak Pimpin PAN

Minggu, 11 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Karena dinilai lebih dekat dengan kader Partai Amanat Nasional (PAN) di level bawah, Zulkifli Hasan dianggap layak menjadi ketua umum partai berlambang matahari tersebut untuk periode mendatang menggantikan Hatta Rajasa.

“Menurut saya dia reaktif soal pendekatan kebawah. Jadi dia tidak melihat mereka karena bawahan, tapi sebagai teman. Jadi dibawah itu bisa menetukan pilihan bukan (berdasar pada) visi misi,” kata pengamat politik dari Lingkar Madani, Ray Rangkuti, di Jakarta.

“Menurut saya ini kelemahan Hatta, yakni pendekatan kebawah bersifat fungsional-struktrural. Jadi hanya menghubungi daerah karena semata-mata pekerjaan. Kira-kira begitu,” tambahnya.

Kenadti begitu, Zulkifli dan Hatta juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hal itu bisa menjadi daya tarik mereka.
“Kalau Hatta seorang manajer yang bagus sekali sehingga punya visi yang jelas,” tukasnya.

Sementara Zulkifli tidak punya sosok sebagai manajer yang baik. Sebab, sampai saat ini visi-misi belum dibuka ke publik. Namun, semua itu dikembalikan ke internal partai siapa yang lebih diinginkan untuk memimpin PAN dalam waktu lima tahun ke depan.

“Saya tidak yakin dengan kemampuan manajerialnya dibandingkan dengan Hatta Rajasa,” tandasnya.

kinoy jackson