Untuk Memajukan Keolahragaan Nasional

Mulai Besok, Kemenpora Terima Pendaftaran Calon Anggota BSANK

Kamis, 8 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (8/1) siang, melakukan Sosialisasi Pemilihan Calon Anggota Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK).

“Mulai malam ini, informasi seputar seleksi anggota BSANK akan kita umumkan di portal Kemenpora (Kemenpora.go.id). Setelah itu, kita umumkan besok (Jumat) di sebuah harian nasional. Mulai besok kita menerima pendaftaran calon anggota BSANK. Bisa melalui online atau datang langsung ke kantor Kemenpora,” kata Ketua Panitia Seleksi BSANK, Dr H Alfitra Salamm APU, Kamis, di Auditorium Kemenpora.

Alfitra Salamm yang juga Sesmen Kemenpora menjelaskan, melalui seleksi yang akan dilakukan dalam tempo sebulan ke depan, nantinya akan dipilih sembilan orang yang akan duduk sebagai anggota BSANK.

“Mereka terdiri dari unsur pemerintah sebanyak tiga orang, praktisi, akademisi, dan masyarakat olahraga. Usia mereka berkisar antara 45 – 60 tahun,” tambahnya.

Nantinya, lanjut Alfitra, BSANK bertugas memberikan stadarisasi terhadap bergagai hal di bidang keolahragaan nasional Indonesia, seperti masalah infrastruktur, pelatih, wasit, dan berbagai hal lainnya.

“Jika seorang pelatih atau wasit telah memiliki sertifikasi dari BSANK, maka dia diakui di negara lain, misalnya Singapura, Vietnam, atau negara lain.”

Diharapkan dengan keberadaan BSANK, prestasi olahraga Indonesia mengalami peningkatan signifikan. Apalagi pada 2018 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games.

Dia menjabarkan, BSANK sebenarnya sudah berdiri lama. Hampir seluruh negara maju di dunia telah memiliki lembaga standarisasi ini.

“Kalau boleh dibilang, untuk urusan BSANK, Indonesia sangat ketinggalan zaman. BSANK merupakan produk dari pemerintahan Pak SBY, produk keluaran tahun 2014. Namun baru sekarang dilaksanakan,” tegasnya.

Anggota BSANK akan bertugas selama empat tahun dan mereka tak memperoleh hak pensiun jika sudah tak lagi menjadi anggota BSANK.

Nantinya BSANK tidak akan bekerja sendirian. Dalam menjalankan tugasnya, BSANK akan dibantu olah masyarakat olahraga di Tanah Air.

Ruang lingkup BSANK terdiri dari olahraha prestasi, olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan.

kinoy jackson