Kubu Ical Prediksikan Perundingan Bakal Menemui Jalan Buntu

Kamis, 8 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Perundingan kubu Agung Laksono dengan Kubu Aburizal Bakrie (Ical) untuk menyepakati islah di Partai Golkar diprediksikan bakal menemui jalan buntu. Adalah Ketua DPP Golkar versi Munas Bali, Tantowi Yahya, yang memprediksikan demikian.

“Kalau kubu Agung masih meminta Golkar keluar dari Koalisi Merah Putih (KPM) dan masuk ke pemerintahan, sepertinya perundingan akan menemui jalan buntu,” kata Tantowi Yahya, Kamis, di Jakarta.

“Kedua sikap ini adalah keputusan Munas Bali. Apabila diubah atau dihilangkan harus melalui forum setinggi Munas atau paling tidak Rapimnas. Ini yang membuat perundingan menuju islah nanti sore menurut saya akan deadlock,” tambahnya.

Secara tegas dia mengatakan, Golkar akan berada di luar Pemerintahan, namun akan mendukung program-program dan kebijakan pemerintah yang sejalan dengan keinginan rakyat dan sesuai dengan mukadimah UUD 1945. Golkar bersama parpol-parpol di KMP akan menjadi mitra strategis pemerintah yang kritis dan solutif.

“Ini sikap Partai Golkar sampai menit ini. Soal beberapa butir usulan yang masih jadi ganjalan. Diantaranya soal masuk ke dalam pemerintahan dan keluar dari KMP. Ini adalah perundingan terakhir jika deadlock,” ujarnya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR itu.

Bila menemui jalan buntu, maka penyelesaiannya melalui pengadilan.

“Tujuan utama kita tetaplah islah karena itu solusi yang paling baik. Enggak enak lah urusan rumah tangga sampe dibawa ke Pengadilan dan jadi tontonan rakyat. Ini partai besar dan tertua, masa penyelesaiannya harus seperti itu. Tapi jika tidak tercapai kesepakatan, demi kepastian hukum, pengadilan menjadi pilihan yang pahit‎,” tandasnya.

kinoy jackson