Kemenpora Hanya Gelontorkan Dana Rp600 Juta Untuk Tim Sembilan

Kamis, 8 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Setelah sebelumnya Menpora menyebutkan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk Tim Sembilan mencapai Rp2 miliar, kini mereka meralatnya. Konon anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah tidak sampai Rp 600 juta.

“Setelah kami data melalui biro keuangan dan internal Kemenpora, anggaran yang kami pakai tidak sampai Rp 2 Miliar. Boro-boro Rp 2 Miliar, Rp 600 juta juga tidak sampai,” kata Juru Bicara Kemenpora yang Deputi V Kemenpora Bidang Harmonisasi dan Kemitraan, Gatot Dewa Broto, di kantor Kemenpora, Jakarta.

Dia menjelaskan, setiap anggota Tim Sembilan mendapatkan bayaran yang setara. Mereka bahkan dibayar sesuai standar pegawai negeri pada umumnya.

“Tim Sembilan bukan badan Ad Hoc yang eksklusif karena penggunaannya tetap sama dengan SBU (Standar Biaya Umum-red) seperti pegawai negeri pada umumnya,” jelas Gatot.

Tim Sembilan saat ini beranggotakan delapan orang setelah Budiarto Shambazzy mengundurkan diri. Budiarto yang berprofesi sebagai wartawan mundur karena alasan menjaga independensi harian Kompas, tempat dia bekerja. Posisi Budiarto akan segera diisi dalam waktu dekat.

Kini tim bentukan Kemenpora beranggotakan Oegroseno (mantan Wakapolri), mam B Prasodjo (sosiolog UI), Budhiarto Shambazy (wartawan), Ricky Yakobi (mantan pemain Timnas Indonesia), Gatot Dewa Broto (Kemenpora), Nur Hasan (akademisi), Djoko Susilo (mantan Dubes RI untuk Swiss), Yunus Husein (mantan Ketua PPATK) dan Eko Tjiptadi (mantan Deputi Pencegahan KPK).

kinoy jackson