Kemenpora Targetkan Indonesia Masuk 30 Besar di Olimpiade Brasil

Rabu, 7 Januari 2015

DEKANDIDAT.COM – Kemenpora mematok target kontingen Indonesia masuk 30 besar dunia di Olimpiade Brasil 2016. Demikian ditegaskan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga, Djoko Pekik Irianto.

“Kalau di Olimpiade 2012 London, Kontingen Indonesia hanya menduduki posisi ke-63 dunia, maka untuk Olimpiade Brasil, kita menargetkan masuk 30 besar dunia,” tegas Djoko Pekik, Rabu, di Gedung PP Itkon, Senayan, Jakarta.

Menurutnya, untuk bisa masuk 30 besar dunia, kontingen Indonesia cukup meraih dua medali emas saja.

“Untuk bisa masuk 30 besar dunia, kita cukup meraih dua medali emas saja. Medali emas itu kemungkinan besar bisa kita dapatkan melalui bulutangkis dan angkat besi,” tambahnya.

Agar kontingen Indonesia bisa memenuhi target tersebut, Kemenpora secara rutin akan berkoordinasi dengan KOI, KONI, Satlak Prima, dan PB-PP,” tambahnya.

“Jika di Olimpiade London, kita hanya memberangkatkan sekitar 22 atlet, maka untuk Olimpiade Brasil kita berharap bisa mengirim sekitar 30 atlet. Yang pasti, atlet yang kita kirim adalah yang berpeluang meraih medali.

Sementara itu Komandan Satlak Prima, Suwarno menambahkan, untuk kepentingan mengikuti Olimpiade Brasil, kontingen Indonesia membutuhkan anggaran Rp395 miliar.

“Saat ini dana yang sudah kita pegang sebesar Rp250 miliar, jumlah yang sama saat kita mengikuti Olimpiade 2012 di London. Karenanya saat ini kita tengah mengupayakan meminta tambahan dana lagi, sehingga totalnya mencapai Rp395 miliar,”tambah Suwarno.”

Adapun untuk meraih medali di Olimpiade Brasil, kontingen Indonesia bertumpu pada cabang olahraga bulutangkis, angkat besi, dayung (rowing-canoing), renang, sepeda BMX, voli pantai, equestarian (berkuda), dan atletik.

“Sebelum tampil di Olimpiade Brasil, sejumlah cabang olahraga akan melakukan training camp (pelatnas) di sejumlah negara eropa dan amerika. Namun untuk tempat pastinya, kita belum menentukannya,” tandas Suwarno.

kinoy jackson