Mendagri Restui KPK Buka Kantor Cabang

Selasa, 23 Desember 2014

DEKANDIDAT.COM – Niat KPK membuka kantor cabang mendapat vrespon positif dari Mendagri, Tjahjo Kumolo. Dengan catatan, hanya di beberapa daerah yang dinilai rawan korupsi, KPK diizinkan membuka kantor cabang.

“Hasil diskusi kami dengan KPK, KPK dengan penegak hukum yang lain tentunya mempunyai (data) daerah rawan korupsi,” kata Tjahjo Kumolo, Selasa, di Jakarta.

Dia menilai, KPK memang memerlukan kantor cabang di beberapa provinsi di Indonesia. Hal ini ditentukan berdasarkan tingginya tindak korupsi di suatu daerah. Korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara maupun pejabat daerah, memiliki jumlah kasus yang cukup banyak.

Sehingga, penanganan kasus korupsi yang dilakukan pejabat daerah juga harus mendapat perhatian. Salah satu caranya, dengan membuka kantor cabang ini.

“Mendagri menyerahkan kepada KPK untuk menentukan daerah yang akan didirikan kantor cabang, karena mereka lebih tahu daerah-daerah rawan korupsi di Indonesia.”

Sebelumnya Ketua KPK Abraham Samad mengatakan kantor cabang KPK di sejumlah daerah akan dibangun jika mendapatkan persetujuan anggaran dari DPR.

Rencananya, KPK akan membuka kantor cabang di tiga zona, yakni zona barat di Sumatera, zona tengah di Kalimantan, dan zona timur di Sulawesi.

Jika alokasi anggaran untuk kantor cabang daerah KPK disetujui, kata Samad, KPK akan membuka kantor di Medan, Balikpapan, dan Makassar.

kinoy jackson