Berbekal Sopan Santun

Elektabilitas Djarot Diperkirakan Bisa Tenggelamkan Ahok

Selasa, 23 Desember 2014

DEKANDIDAT.COM – Dengan gayanya yang santun, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, memprediksikan elektabilitas Wakil Gubernur Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat bisa mengalahkan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

“Perkiraan saya, Djarot bisa menenggelamkan elektibilitas Ahok apalagi kalau Djarot bisa menciptakan empati publik dan mulai disayangi warga Jakarta,” kata Pangi, selasa, di Jakarta.

Dia melihat, mantan walikota Blitas ini bisa mengambil empati publik dengan kebijakan terbarunya yaitu menolak mobil dinas Lexus dan memilih lima sepeda motor untuk blusukan karena alasan kemacetan di Jakarta.

Pangi mengatakan PDI Perjuangan pintar dan cerdas membaca momentum politik 2017 dalam pemilihan gubernur DKI dan bukan tidak mungkin Djarot dipersiapkan untuk calon gubernur DKI 2017.

“PDI-P sah-sah saja menyiapkan Djarot untuk pilgub Jakarta 2017, partai tersebut tahu bahwa Djarot adalah figur yang memiliki prestasi ketika menjabat wali kota Blitar selama dua periode dan pernah menjabat anggota DPRD Jawa Timur dan anggota DPR RI periode 2014-2019,” tegasnya.

Menurut dia, bukan tidak mungkin popularitas Djarot bisa cemerlang di tahun 2015-2017 sebagai modal investasi politik bertarung dalam pilgub DKI Jakarta.

“PDI-P tahu elektibilitas Ahok tinggi, namun belum tentu dipilih kembali kalau kebijakan politiknya banyak yang kontroversial dan tidak mampu menunaikan janji politiknya,” tambahnya.

“Djarot harus punya perbedaan yang bisa membuatnya berbeda jauh dengan Ahok. Penolakan mobil dinas paling tidak bukti Djarot punya sensifitas politik yang matang, mengerti betul perilaku pasar apa yang disukai publik dan yang tidak disukai masyarakat,” ujarnya.

kinoy jackson