PDIP Buka Peluang Demokrat Masuk Pemerintahan

Selasa, 9 Desember 2014

DEKANDIDAT.COM – Sikap serius mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), disikapi positif oleh PDIP. Partai pemenang Pemilu 2014 ini membuka peluang bagi partai bintang mercy ini masuk pemerintahan.

“Peluang kerja sama dalam pemerintahan selalu terbuka karena cukup banyak spektrum pemerintahan yang dapat dikerjasamakan dengan Partai Demokrat ke depan,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Ahmad Basarah.

Basarah mengatakan pemerintahan Jokowi-JK membutuhkan dukungan partai politik agar pemerintahan berjalan stabil, salah satunya dari Partai Demokrat. Menurut dia, yang dibutuhkan pemerintahan adalah dukungan politik yang bersifat konstruktif dalam hubungan antara pemerintah dengan DPR.

“Meskipun Demokrat tidak masuk dalam kabinet bukan berarti peluang kerja sama politik akan tertutup,” tambahnya.

Dia menilai ruang pengabdian terhadap bangsa dan negara masih begitu luas dan kompleks yang membutuhkan kerja sama antarkekuatan-kekuatan politik nasional.

Basarah menilai SBY sebagai seorang ketua umum parpol dan Presiden RI keenam, pasti tahu persis beban Presiden Jokowi dalam memimpin pemerintahan nasional.

Menurut dia, SBY sebagai seorang negarawan memang sudah seharusnya ikut membantu dan memberikan dukungan terhadap Presiden Jokowi agar dapat memimpin pemerintahan nasional dengan baik dan efektif.

“Kerja sama antara Partai Demokrat dan pemerintah juga akan menjamin terselenggaranya sistem pemerintahan presidensial yang dulu juga dikampanyekan pemerintahan SBY,” imbuhnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat SBY di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (8/12).

kinoy jackson