Kemenpora-KONI Promosikan Olahraga Floorball

Jumat, 28 November 2014

DEKANDIDAT.COM – Tak mau kehilangan medali, KONI Pusat akan sesegera mungkin mendaftarkan diri menjadi anggota Internasional Floorball Federation (IFF). Demikian dikatakan Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, Jumat (28/11) pagi, di halaman Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Didampingi Sesmenpora, Alfitra Salam, Tono yang pagi tadi menyempatkan diri bermain floorball bersama sejumlah pejabat di jajaran Kemenpora mengatakan, sebenarnya floorball bukanlah cabang olahraga baru.

“Di Indonesia, cabang olahraga ini mungkin baru dikenal. Namun pada SEA Games Myanmar lalu, floorball sudah dipertandingkan untuk memperebutkan dua medali emas untuk kategori putra-putri,” tambahnya.

Tono menjelaskan, floorball awalnya  berasal dari Swedia. Olahraga yang miirip dengan hoki, namun alatnya terbuat dari plastik, sepertinya bakal cepat dimengerti di Tanah Air.

“Saat ini sudah ada 12 Pengda floorball di Indonesia. Sementara untuk menjadi anggota KONI, cabang olahraga hanya diharuskan membentuk 10 pengda. Dalam waktu dekat kita akan membahasnya di KONI,” tegas Tono.

Diharapkan pada PON 2016, floorball sudah bisa dipertandingkan meskipun masih dalam bentuk ekshibisi.

“Mudahan-mudahan pada Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia sudah bisa menerjunkan atlet-atletnya,” tandas Tono.

Sementara itu Sekjen PB Indonesia Floorball Federation, Raymond Nangoy mengatakan, dari ke-12 Pengda IFF yang telah berdiri, di antaranya adalah DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, Bali, dan sumatera utara.

“Untuk mempromosikan cabang floorball, kita telah melakukan sejumlah kejuaraan termasuk kejurnas,” ujarnya.

kinoy jackson