Menpora Bangga Melihat Kondisi Atlet Indonesia di ABG Thailand

Sabtu, 15 November 2014

DEKANDIDAT.COM – Didampingi Shobibah Rohmah, istrinya tercinta, Menpora Imam Nahrawi, menghadiri pembukaan Asian Beach Games (ABG) ke-IV, Jumat (14/11) malam, di Pantai Saphan Hin, Phuket, Thailand.

Hadir pula bersama Menpora, Ketua KOI (Komite Olimpiade Indonesia) Rita Subowo, Sesmenpora Alfitra Salamm dan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Djoko Pekik Irianto.

Meskipun sempat diguyur hujan lebat, upacara pembukaan ABG ke-IV berlangsung meriah. Berbagai tarian tradisional Thailand ditampilkan, diiringi dengan permainan kembang api yang menawan. Juga ditampilkan beberapa artis yang menyanyikan lagu-lagu pop Thailand.

Kehadiran Kontingen Indonesia mendapat sambutan meriah dari undangan yang memenuhi stadion semi permanen yang dibangun di kawasan pantai.

ABG ke-IV dibuka oleh mantan Perdana Menteri Thailand, Surayud Chulanon. Dia hadir sebagai Dewan Raja, mewakili raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang tengah sakit.

Dia berharap ABG kali ini bisa mempersatukan negara-negara di kawasan Asia.

Multi Even dua tahunan tahun 2014 yang akan berakhir tanggal 23 November ini diikuti 45 negara peserta dengan mempertandingkan 26 cabang olahraga.  Indonesia mengirimkan 104 atlet dan 43 ofisial, tetapi tidak semua cabor diikuti melainkan hanya 17 cabor.

Tahun 2008, Indonesia menjadi tuan rumah ABG ke II, dengan lokasi venue di Bali. Dalam ABG Bali Indonesia merebut juara umum dengan mengumpulkan 23 medali emas, 8 perak dan 20 perunggu.

Namun pada ABG ke III  di China tahun 2012, Indonesia  meraih 6 medali emas, 6 perak dan 6 perunggu dan menduduki peringkat ke-4.

Sementara Menpora berharap atlet Indonesia mampu meningkatkan prestasi.

“Saya sudah bertemu mereka. Saya bangga dan puas melihat kesiapan atlet Indonesia. Mereka nampak bahagia, mudah-mudahan itu pertanda baik,” kata Imam Nahrawi.

kinoy jackson