Pencalonan Setya Novanto Jadi Ketua DPR, Mendapat Penolakkan

Rabu, 1 Oktober 2014

DEKANDIDAT.COM – Karena disinyalir terlibat korupsi di sejumlah proyek pemerintah, pencalonan Setya Novanto menjadi calon Ketua DPR RI yang diusulkan Partai Golkar, langsung mendapat penolakan dari berbagai kalangan.

“Golkar harus menarik kembali pencalonan Setya Novanto sebagai Ketua DPR-RI, selain karena ada tuduhan tentang keterlibatannya dalam sejumlah proyek pemerintah yang menempatkan dirinya dicurigai melakukan tindak pidana korupsi,” kata Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus, Rabu, di Jakarta.

Novanto juga dituding terlibat dalam korupsi Cessie Bank Bali. Yang bersangkutan pernah menjadi salah satu tersangkanya.

Petrus mempertanyakan langkah Golkar yang masih menempatkan Setya Novanto sebagai calon Ketua DPR RI.

Seharusnya, Partai Golkar mendengarkan masukan dari masyarakat yang menuntut Golkar harus steril dari kader-kader yang terlibat kasus korupsi.

Karena Setya Novanto adalah wakil rakyat yang maju dari Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT), maka TPDI menyatakan bahwa jika Golkar ngotot mengusung Setya Novanto, maka TPDI dan sejumlah LSM akan mengakukan gugatan terhadap Partai Golkar, KPK, Jaksa Agung.

kinoy jackson