2 Kali Berprestasi, Kepala Daerah Berpeluang Jadi Menterinya Jokowi

Selasa, 23 September 2014

DEKANDIDAT.COM – Kabar gembira buat kepala daerah di Indonesia yang memiliki karir kinclong. Mereka berpeluang naik jabatan sebagai menteri di kabinet pemerintahan Jokowi.

“Sudah dua kali maju dan memiliki prestasi dan kapabilitas yang baik. Ini akan menjadi pertimbangan akan datang. Tapi siapa saja namanya, akan dijawab Pak Jokowi,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Puan Maharani, Selasa, di Jakarta.

Ditambahkan, saat ini Presiden terpilih, Jokowi, tengah menyeleksi 200 nama untuk menjadi menterinya. Sementara PDI-P, juga menyeleksi 50 nama. Namun, nama-nama itu belum secara resmi disampaikan kepada Jokowi.

“Dari nama-nama yang kami seleksi itu, banyak ada dari internal dan juga eksternal. Kami belum bisa pastikan apakah akan mengerucut menjadi berapa,” ucap dia.

Jokowi sudah mengumumkan formasi kabinetnya yang akan terdiri dari 34 menteri dengan proporsi 16 menteri dari partai politik dan 18 menteri dari kalangan profesional nonparpol.

Jokowi meminta tim transisi untuk menyusun kriteria setiap menteri yang dibutuhkan kabinetnya.

Gubernur DKI Jakarta ini juga menampung berbagai usulan nama calon menteri.

Namun, dia masih menutup rapat identitas para calon pembantunya itu. Jokowi belum menyebutkan kapan akan membuka nama-nama itu.

kinoy jackson