BMD Dukung Pilkada Langsung

Kamis, 18 September 2014

DEKANDIDAT.COM – Barisan Massa Demokrat (BMD) mendukung penuh Pilkada langsung. Alasannya, Pilkada langsung menunjukkan bahwa demokrasi berada di tangan rakyat. Penegasan ini disampaikan Ketua Umum BMD, Supandi R Sugondo, Kamis (18/9) siang, di Jakarta.

Seperti halnya Partai Demokrat (PD), BMD sebagai bagian dari partai mendukung penuh pelaksanaan Pilkada di Tanah Air dilakukan secara langsung.

Sementara bila Pilkada dilakukan oleh anggota DPRD,  ini merupakan sebuah kemunduran yang luar biasa dalam tatanan demokrasi.

“Pilkada melalui DPRD merupakan kemunduran yang luar biasa. Mengapa? Karena perwakilan yang disebut DPRD, tidak akan murni pilihannya seperti yang diharapkan rakyat,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekjen PD, Edhie Baskoro Yudhoyono, menyatakan dukungannya terhadap Pilkada langsung.

Bahkan Ketua Harian PD, Syarif Hasan menegaskan bahwa partainya mendukung pemilihan langsung yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Menurutnya, demokrasi di Indonesia harus terus tumbuh dan berkembang jangan sampai mengalami kemunduran.

“Dua hari yang lalu, Pak SBY selaku Ketua Umum sudah menjelaskan keputusan dan pendapat tentang RUU Pilkada. PD berpendapat bahwa proses demokrasi yang sudah dilakukan 10 tahun patut untuk kita perlihara dan lanjutkan. Namun, dengan beberapa perubahan-perubahan,” tegas Syarif, Kamis, di kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

kinoy jackson