Jokowi Kecewa SBY Tak Mau Naikkan Harga BBM Bersubsidi

Kamis, 28 Agustus 2014

DEKANDIDAT.COM – Presiden terpilih, Jokowi, mengaku kecewa karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menolak permintaannya  untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) sebelum masa jabatannya berakhir.

“Terus terang, tadi malam secara khusus saya minta kepada Pak SBY menekan defisit APBN dengan menaikkan harga BBM. Jawabannya, ya beliau menyampaikan bahwa saat ini kondisinya dianggap masih kurang tepat untuk menaikkan BBM,” kata Jokowi, Kamis, di Balaikota, Jakarta.

Mantan walikota Solo ini menyayangkan langkah SBY tersebut. Pasalnya dia menilai anggaran subsidi energi membebani APBN 2015, belum lagi anggaran yang disediakan demi membayar utang luar negeri.

Jumlah alokasi subsidi energi dalam RAPBN 2015 mencapai Rp 433,5 triliun. Adapun jumlah alokasi untuk utang mencapai Rp 154 triliun. “Sangat membebani,” ujar dia.

Jokowi memastikan, harga BBM akan dinaikkan saat dirinya menjabat sebagai presiden seusai 20 Oktober 2014 mendatang. Namun, dia tidak bisa menyebut bulan ke berapa harga BBM bakal dinaikkan.

kinoy jackson