Pergelaran Wayang Kulit ‘Petruk Dadi Ratu’, Akhiri Festival Seni Budaya Kemenpora 2014

Minggu, 17 Agustus 2014

DEKANDIDAT.COM – Pagelaran wayang kulit ‘Petruk Dadi Ratu’ yang dimainkan oleh dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono, mewarnai penutupan Festival Seni Budaya yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu (16/8) malam, di halaman Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Roy Suryo menjelaskan, selain Festival Seni Budaya, Kemenpora telah melaksanakan sejumlah kegiatan untuk memperingati HUT RI ke-69, di antaranya Festival Dalang Muda, Festival Seni Bela Diri, dan  program Lintas Khatulistiwa.

“Festival Dalang Muda, telah kita gelar sejak tiga  hari lalu. Salah satu tujuannya adalah untuk menularkan kesenian kepada kaum muda dan mencari bibit muda dalang,” ujarnya.

Menpora berharap kegiatan semacam ini setiap tahunnya akan selalu di gelar di Kemenpora.

“Salah satu tujuan dari acara ini adalah untuk mengenalkan budaya-budaya Indonesia kepada pemuda yang saat ini lebih banyak menyukai budaya asing,” kata politisi Partai Demokrat ini menambahkan.

Menyinggung judul pergelaran wayang kulit ‘Petruk Dadi Ratu’, pakar telematika ini menjelaskan, inti dari cerita ini adalah mengenai seorang rakyat kecil yang dicintai dan dihargai oleh rakyat, sehingga akhirnya terpilih menjadi raja.

“Kami sengaja memilih lakon ini. Masyarakat baru akan mengetahui lakon ‘Petruk Dadi Ratu’, dua atau tiga tahun ke depan,” tukas Menpora dengan nada ringan.

Hadir menyaksikan pergelaran wayang kulit tersebut seluruh jajaran Eselon I, II, dan III, karyawan Kemenpora, serta masyarakat pecinta wayang kulit.

kinoy jackson