Menpora Lepas Rally Clasic Napak Tilas Jakarta-Rengasdengklok 2014

Sabtu, 16 Agustus 2014

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di halaman kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Menpora Roy Suryo, Sabdu (16/8) siang, melepas keberangkatan sekitar 40 kendaraan antik yang ikut ambil bagian dalam Rally Clasic Napak Tilas Jakarta-Rengasdengklok 2014.

“Mereka yang ikut ambil bagian dalam Rally Clasik ini tergabung dalam Persatuan Perkumpulan Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) dan  American Jeep. Saya juga ikut sebagai peserta, karena tergabung dalam PPMKI,” ujar Roy Suryo, kepada wartawan.

Dia menjelaskan, Kemenpora telah melembagakan acara napak tilas dengan menjadikan acara ini sebagai kegiatan tahunan.

“Peristiwa Rengasdengklok sangat penting artinya buat bangsa ini. Karena peristiwa Rengasdengklok, merupakan awal dari kemerdekaan RI,” tandasnya.

Pakar telematika ini menjabarkan, pada 16 Agustus 1945, sejumlah pemuda di antaranya Adam Malik, Chaerul Saleh, Sukarni, dan Wikana, menculik Bung Karno dan mengamankannya di rumah Djiaw Kie Siong.

Mereka mendesak agar Bung Karno dan Bung Hatta segera menproklamirkan kemerdekaan RI. Namun kala itu, Bung Karno, tak mau, karena menunggu janji Jepang yang akan memberikan kemerdekaan setelah peristiwa jatuhnya bom di Hirosiman Nagasaki.

“Namun para pemuda ini tak mau menunggu janji Jepang. Setelah didesak, Bung Karno dan Bung Hatta akhirnya setuju, hingga akhirnya proklamasi Indonesia dibacakan.”

“Pada hari ini, kita mencoba mengenang peristiwa yang terjadi 69 tahun lalu. Para peserta napak tilas ini, nantinya akan menyambangi kediaman Djiaw Kie Siong, dan selanjutnyta berkumpul di Tugu Perjuangan.”

Khusus untuk pemuda bernama Wikana, politisi Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa atas jasa-jasanya, yang bersangkutan akhirnya diangkat menjadi Menpora pertama.

“Pak Wikana merupakan Menpora pertama di Indonesia. Wajahnya kami pasang di lantai III gedung Kemenpora,” tandasnya.

kinoy jackson