Pecatur DKI, Juarai Turnamen Catur Cepat So Nice Ramadhan 2014

Minggu, 20 Juli 2014

DEKANDIDAT.COM – Pecatur senior DKI Jakarta, Tjhin Irawan, tampil sebagai juara pada Turnamen Catur Cepat So Nice Ramadhan Cup VI 2014 yang berakhir Minggu (20/7) petang, di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

Posisi kedua dan ketiga ditempati oleh pecatur asal Banten, FM Maksum Firdaus dan MI Tirto dari Sumatera Selatan.

Sebagai juara pertama, Tjhin Irawan yang mengumpulkan 24 poin kemenangan berhak atas hadir sebesar Rp6,5 juta, sementara juara kedua dan ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp4juta dan Rp3,5 juta.

Mengomentari hasil turnamen kali ini, Wakil Ketua Panitia Pelaksana yang juga Wakil Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, mengaku kecewa.

“Dengan tampilnya para pecatur senior sebagai juaranya, ini merupakan lampu merah bagi para pecatur junior,” tandas Utut Adianto, usai pertandingan.

Kendati demikian, Utut mengaku tak akan mudah menyerah untuk bisa menciptakan bibit juara.

“Dengan kenyataan yang ada sekarang, kita harus makin giat memberikan pembelajaran kepada para pecatur muda agar mereka bisa meningkatkan kualitasnya,” ujarnya menambahkan.

Dia juga menjelaskan, untuk menciptakan pecatur handal, sangat dibutuhkan kesabaran.

“Untuk menciptakan juara, pemain junior tak bisa dikarbit. Sangat dibutuhkan kesabaran untuk membina mereka,” tandasnya.

Diakuinya, hingga saat ini dia belum melihat ada seorang pecatur junior yang menggantungkan hidupnya pada catur.

Menurutnya, untuk menjadi seorang juara, seorang pecatur harus fokus pada bidang yang ditekuninya.

Terlepas dari belum mampunya pecatur junior menjuarai turnamen kali ini, Utut, mengaku bersyukur dengan membludaknya jumlah peserta.

“Tahun lalu, jumlah peserta hanya 280 orang. Namun untuk yang sekarang, sekitar 360 pecatur ikut ambil bagian,” tukasnya.

Turnamen Catur Cepat So Nice Ramadhan Cup VI 2014 yang berlangsung 19-20 Juli di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, mempertandingkan enam kategori.

kinoy jackson