Kubu Jokowi-JK Klaim Ungguli Prabowo-Hatta 8 Juta Suara

Minggu, 20 Juli 2014

DEKANDIDAT.COM – Berdasarkan hitung-hitungan Tim Kampanye Nasional (Kamnas) pasangan Jokowi-JK tampil sebagai pemenang Pilpres 2014, mengungguli Prabowo-Hatta dengan selisih suara sekitar 8 juta.

“Hasil hitungan Tim Kampanye Nasional, Jokowi-JK memenangkan Pilpres 2014 dengan selisih suara sebanyak 8.381.444 suara dari Prabowo-Hatta,” demikian dikatakan Ketua Tim Kampanye Nasional, Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo.

Penghitungan internal tim Jokowi-JK menurut Tjahjo tidak jauh berbeda dengan apa yang dipublikasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam situs resminya. Masyarakat kata dia bisa memeriksa sendiri hal tersebut.

“Seluruh warga negara Indonesia bisa mengakses, TPS (Tempat Pemungutan Suara) mana, nomor berapa, berapa perolehannya,” tambahnya.

Jokowi – JK kata dia unggul di 23 Provinsi, dan kalah di sepuluh Provinsi. Kata dia tiga penyumbang suara terbesar adalah Jawa Tengah dengan sekitar 12 juta pemilih, Jawa Timur dengan 11.660.000 pemilih, dan Jawa Barat walau pun masih kalah dari pasanhan nomoe urut 1, namun pasangan Jokowi – JK bisa mendulang 9.530.000.

Tjahjo berkseimpulan bahwa bukan jaminan jika seorang kepala daerah adalah pendukung suatu pasangan, maka lawan politiknya akan kalah di wilayah tersebut. Hal itu salah satunya terbukti dari kemenangan Jokowi – JK di Papua Barat, padahal Gubernurnya, Oktavianus Atururi adalah pimpinan Partai Gerindra.

“Tidak bisa menjadi ukuran, kalau gubernurnya dari pendukung nomor satu atau dua, pasti menang di wilayahnya,” tegasnya.

kinoy jackson