SBY Didesak Segera Bentuk Pengadilan HAM Ad Hoc

Senin, 2 Juni 2014

DEKANDIDAT.COM – Tak puas dengan penanganan sejumlah kasus pelanggaran HAM di Tanah Air yang begitu lambat, Setara Institute, meminta MPR segera mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membentuk Pengadilan HAM Ad Hoc.

Hal demikian dikatakan Ketua Badan Pengurus (BP) Setara Institute, Senin, di Jakarta.  “Kami akan minta kepada MPR agar mendesak Presiden membentuk Pengadilan HAM Ad Hoc,” kata Hendardi.

Saat ini banyak kasus pelanggaran HAM berat yang harus dibawa ke pengadilan HAM itu sudah tertuang dalam rekomendasi DPR dan Komnas HAM.

“Ada beberapa pelanggaran HAM berat yang harus dibawa ke pengadilan HAM, di antaranya kasus Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II, serta kasus penculikan dan penghilangan orang,” tegas Hendardi.

“ahkan, ada di antara orang yang diduga terlibat dalam kasus-kasus tersebut, seperti Prabowo Subianto, kini malah bisa melenggang sebagai calon presiden (capres), tambahnya

Karenanya Hendardi selaku pegiat HAM yang juga terlibat langsung dalam pengusutan kasus-kasus itu akan terus konsisten menyuarakan agar jangan sampai pelanggar HAM malah menjadi pemimpin bangsa.

kinoy jackson