Komnas HAM Minta Polri Usut Tuntas Penyerangan Umat Katolik di Sleman

Jumat, 30 Mei 2014

DEKANDIDAT.COM – Komnas HAM mengecam aksi kekerasan yang dilakukan sekelompok orang terhadap sejumlah umat Katolik yang sedang beribadah Doa Rosario di rumah Julius Felicianus, Direktur Galang Press, Kompleks Perumahan STIE YKPN Sleman DIY, Kamis (29/5).

“Terkait dengan peristiwa tersebut kami mengecam keras tindakan intoleransi yang dilakukan segelintir intoleran yang merusak sendi-sendi kehidupan berbhineka dan berbangsa plural,” kata Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, Jumat, di Jakarta.

Oleh karenanya, Komnas HAM meminta aparat kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut secepatnya agar tak menjalar ke wilayah lain ditengah tingginya tensi politik saat ini.

“Kami menegaskan bahwa tindakan pembubaran, perusakan dan pemukulan kepada umat yang sedang beribadah Rosario sebagai ibadah harian umat Katolik telah mencederai prinsip penghormatan terhadap hak beribadah dan berkeyakinan agama yang dianut berdasarkan Konvenan PBB tentang Hak Sipil dan Politik,” tegasnya.

Selain itu, tindakan tersebut juga bertentangan dengan Undang-undang No.39 tahun 1999 bahkan juga bertentangan dengan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 yang secara substansial mengandung nilai adagium Bhineka Tunggal Ika yang menjadi modal persatuan dan kesatuan bangsa.

kinoy jackson