ICW Gembira SDA Dijadikan Tersangka Korupsi Haji

Jumat, 23 Mei 2014

DEKANDIDAT.COM – Indonesian Corruption Watch (ICW) mengaku gembira setelah ditetapkannya Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA), sebagai tersangka dugaan korupsi penyelenggaraan haji 2012-2013 sebagai kabar gembira bagi jamaah Haji.

“Ini merupakan kabar gembira, kabar yang menyejukkan hati jamaah haji,” kata Koordinator Divisi Monitoring dan Analisis Anggaran ICW, Firdaus Ilyas, Jumat, di Kantor ICW, Jakarta.

Penetapan SDA sebagai tersangka bisa menjadi momentum perubahan penyelenggaraan, pelayanan, dan pengelolaan anggaran haji, lanjutnya.

“Penetapan pak SDA sebagai tersangka di dalam dugaan korupsi penyelenggaraan haji 2012-2013, ini buat kami menjadi momentum di dalam penyelenggaraan ibadah haji,” tambahnya.

Firdaus menilai, terdapat banyak karut marut penyelenggaraan ibadah haji yang terjadi dan dirasakan oleh jamaah haji selama ini mulai dari persoalan pemondokan, katering, transportasi dan lainnya.

Belum lagi, persoalan beban yanng semakin tinggi yang harus ditangguh jamaah setiap tahunnya. Di antaranya terkait Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan indikasi adanya celah korupsi pada penyelenggaraan ibadah haji.

ICW secara tegas mengatakan, mereka telah mencium adanya indikasi dugaan adanya korupsi ibadah haji sejak tahun 2004 lalu. Setiap tahun pula ICW melaporkan dugaan praktek korupsi terutama terkait BPIH.

kinoy jackson