Kalau Pemilu Digelar Hari Ini, Jokowi-JK Pemenangnya

Selasa, 20 Mei 2014

DEKANDIDAT.COM – Jika Pemilu 2014 dilangsungkan hari ini, pasangan yang bakal menjadi pemenangnya adalah Jokowi-JK. Demikian hasil survei terkini yang dilansir Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Selasa, di Jakarta.

“Jika Pilpres diadakan hari ini, maka pemenangnya adalah pasangan Jokowi-JK. Pasangan ini meraih 35,42 persen suara, sementara pasangan Prabowo-Hatta Rajasa mendapat 22,75 persen,” kata peneliti LSI, Ardian Sofa, saat melansir hasil survei bertajuk ‘Head to Head Jokowi-JK versus Prabowo-Hatta dan Kampanye Negatif’, di Gedung Rajawali, Jaktim.

Namun pertarungan antara kedua pasangan tersebut diprediksikan bakal berlangsung sengit menyusul masih banyaknya pemilih yang belum menentukan pilihan.

Berdasarkan survei LSI, massa mengambang yang ada mencapai 41,83 %.

“Dengan besarnya jumlah publik yang belum menentukan pilihan, masing-masing pasangan masih berpeluang memenangkan pertarungan. Angka 41,83 persen suara mengambang, sangatlah besar,” tambah Ardian Sopa.

Namun ada keuntungan besar buat Jokowi karena dukungan spontan dari masyarakat luas lebih besar padanya. Survei LSI pun menanyakan tentang keinginan sukarela publik dalam membantu para pasangan capres.

“Hasilnya sebesar 68,5 % publik menyatakan bahwa mereka ingin secara sukarela membantu pasangan Jokowi-JK. Hanya 15,3 % publik yang menyatakan bahwa mereka akan secara sukarela membantu pasangan Prabowo-Hatta,” tambahnya.

“Dukungan seperti ini yang dulu bisa membuat PDIP menang besar di Pemilu 1999, dan SBY menang di pilpres di 2004, walau didukung partai kecil,” pungkasnya.

Survei dilakukan di 33 provinsi dengan metode baku: multistage random sampling. Jumlah responden survei nasional ini adalah 2400 responden, dan margin of error-nya +/- 2%. Responden dipilih secara acak dan diwawancarai dengan tatap muka. Waktu survei dilakukan dari tanggal 1- 9 Mei 2014. Survei dilengkapi dengan media analisis, FGD dan In Depth Interview.

kinoy jackson